Rabu 12 Apr 2023 18:32 WIB

Joe Biden Mulai Kunjungan ke Irlandia

Biden ke Irlandia memperingati 25 tahun perjanjian damai Irlandia Utara tahun 1998.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Presiden AS Joe Biden Ia memulai kunjungan tiga hari di Irlandia dalam rangka memperingati 25 tahun perjanjian damai Irlandia Utara tahun 1998.
Foto: EPA-EFE/Yuri Gripas/ABACA / POOL
Presiden AS Joe Biden Ia memulai kunjungan tiga hari di Irlandia dalam rangka memperingati 25 tahun perjanjian damai Irlandia Utara tahun 1998.

REPUBLIKA.CO.ID, BELFAST -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan pemimpin politik Irlandia Utara di Belfast, Rabu (12/4/2023). Ia memulai kunjungan tiga hari di Irlandia dalam rangka memperingati 25 tahun perjanjian damai Irlandia Utara tahun 1998.

Biden yang kerap membanggakan keturunan Irlandia akan menghabiskan setengah hari di wilayah Inggris sebelum berangkat ke Republik Irlandia selama dua setengah hari. Ia akan berpidato dan bertemu pejabat setempat dan sanak keluarganya.

Sebelum meninggalkan Washington, Biden mengatakan prioritasnya adalah membantu "menjaga perdamaian" saat Irlandia Utara memperingati Perjanjian Good Friday tahun 1998 yang mengakhiri konflik sektarian yang berlangsung selama 30 tahun antara orang Katolik dan Protestan.

Ia juga mengatakan akan memastikan agar kesepakatan Windsor Framework antara Uni Eropa dan Inggris untuk melonggarkan pembatasan perdagangan pasca-Brexit antara Irlandia Utara dan wilayah Inggris lainnya tetap berlaku.

Kesepakatan itu sejauh ini gagal menyakinkan partai pro-Inggris terbesar di Irlandia Utara, Democratic Unionist Party (DUP) untuk mengakhiri boikot pembagian kekuasaan, yang merupakan bagian penting perjanjian damai 1998.

DUP mengatakan kunjungan Biden tidak akan mengakhiri protes mereka yang sudah berlangsung selama satu tahun. DUP memprotes perbedaan perlakuan perdagangan yang diterapkan pada Irlandia Utara dengan wilayah Inggris lainnya.

Biden merupakan presiden AS pertama yang berkunjung ke Irlandia dalam 10 tahun terakhir. Presiden AS itu diperkirakan akan bertemu dengan perwakilan DUP dan empat perwakilan partai politik Irlandia Utara lainnya tapi tidak diketahui mereka akan menggelar pertemuan terpisah.

Biden tiba dengan didampingi Utusan Khusus AS untuk Irlandia Utara bidang ekonomi Joseph Kennedy III. Ia juga mengungkapkan kemungkinan memperkuat hubungan investasi AS-Irlandia Utara untuk mengakhiri kebuntuan.

Usai berpidato di Ulster University dan bertemu dengan Sunak, Biden akan melakukan perjalanan County Louth yang terletak di tengah antara Belfast dan Dublin, tempat kakek buyutnya dilahirkan. Cuaca buruk diperkirakan akan melanda pulau itu.

Biden juga akan bertemu dengan sanak keluarganya di sebelah barat County Mayo pada Jumat (14/4/2023). Ayah kakek buyut Biden, Owen Finnegan merupakan tukang sepatu dari County Louth yang berimigrasi ke AS pada tahun 1849. Keluarganya dan kakek buyut Biden, James Finnegan, mengikutinya pada tahun 1850.

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement