Kamis 27 Apr 2023 17:04 WIB

Arab Saudi Fasilitasi Evakuasi 67 Negara, 560 WNI di Sudan Ikut Diselamatkan

Arab Saudi memfasilitasi proses evakuasi 67 negara, termasuk Indonesia

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amundi mengatakan Saudi memfasilitasi proses evakuasi 67 negara termasuk Indonesia
Foto: Lintar Satria
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amundi mengatakan Saudi memfasilitasi proses evakuasi 67 negara termasuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amundi mengatakan, Arab Saudi melakukan evakuasi warga negara Arab Saudi dan asing di Sudan setelah konflik bersenjata meletus di sana. Proses evakuasi berdasarkan arahan dan petunjuk Raja Salman bin Saud dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

"Evakuasi dilakukan oleh angkatan bersenjata angkatan laut Arab Saudi, tentu evakuasi bagian dari tindakan kemanusiaan dari Pemerintah Arab Saudi dan komitmen Arab Saudi pada setiap warganya di seluruh dunia," kata Faisal dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga

Faisal mengatakan, proses evakuasi juga untuk merespons permintaan negara sahabat termasuk Indonesia. Ia menambahkan Arab Saudi memfasilitasi proses evakuasi 67 negara.

"Tentu proses evakuasi terhadap sejumlah negara asing termasuk warga negara Indonesia menunjukan Arab Saudi mitra penting di seluruh dunia," kata Faisal.

Ia mengatakan Arab Saudi berkerja sama dengan pihak berwenang di Khartoum yang memfasilitasi dan mempermudah proses evakuasi. "Secara aman untuk para warga negara asing dan warga negara Arab Saudi yang kemudian dipindahkan dari Ibukota Khartoum ke dermaga Said kemudian dilanjutkan ke Jeddah," kata Faisal.

Faisal mengatakan, pihak berwenang di Sudan patut di apresiasi karena memberikan fasilitas dan kemudahan bagi proses evakuasi. "Mengenai warga negara Indonesia sebagaimana yang kami terima informasi terakhir telah dievakuasi 560 warga Indonesia dari Sudan," kata Faisal.

"Kepada warga negara Indonesia yang telah dievakuasi tentu diberi kemudahan dan fasilitas di Kota Jeddah diberikan visa dan hal-hal lainnya," tambahnya. Selain visa warga negara Indonesia juga mendapat tempat tinggal sementara dan fasilitas lainnya. Sampai tiba di tanah air.

"Pemerintah Arab Saudi terus berkomitmen untuk terus membantu para warga negara asing dan warga negara Indonesia yang akan kembali ke tanah airnya dari Sudan," lanjut Faisal.

Faisal melanjutkan, Pemerintah Arab Saudi berkomitmen dan terus melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Sudan dan organisasi-organisasi internasional yang berpengaruh sehingga Sudan dapat kembali damai dan perang dapat dihentikan.

"Dan proses evakuasi ini merupakan proses evakuasi dari laut yang terbesar yang pernah kita lihat dan ini yang pertama kalinya yang sebesar ini yang dilakukan dari jalur laut," katanya.

"Tentu warga negara Indonesia yang telah dievakuasi angkatan laut Kerajaan Arab Saudi akan memberikan potret positif bagaimana Kerajaan Arab Saudi sangat memberikan perhatian kepada mereka-mereka yang telah keluar dari Sudan melalui jalur laut," kata Faisal.

"Dan mereka tentu memberikan gambaran sangat baik bagaimana pemerintah Arab Saudi memberikan perhatian dan memberikan yang mereka perlukan sehingga mereka sampai mereka kembali ke tanah air dengan selamat," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement