Selasa 02 May 2023 17:27 WIB

Lokasi-Lokasi Indah yang Digunakan dalam KTT Ke-42 ASEAN

KTT ASEAN ke-42 akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, NTT.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan  KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 akan berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9 sampai 11 Mei 2023. Lokasi-lokasi yang digunakan dalam penyelenggaraan acara tersebut akan menunjukan sisi indah dari kota yang berada di pesisir laut ini.

Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Sumiati menyatakan, akan ada tiga hotel yang digunakan kepala negara ASEAN untuk menginap, yaitu AYANA Komodo Waecicu Beach, Sudamala Resort, dan Meruorah Komodo Labuan Bajo. Sedangkan kegiatan media akan dipusatkan di Bintang Flores Hotel dan Puncak Waringin akan menjadi tempat penyelenggaraan Spouse Program.

Baca Juga

photo
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023. - (Republika/Dwina Agustin)

"Media Center akan berkapasitas hingga 340," ujar Sumiati dalam kunjungan persiapan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada Selasa (2/5/2023).

Untuk Ayana, tempat ini juga akan menjadi lokasi Retreat Session selama KTT ASEAN berlangsung. Kepala negara juga akan melakukan sesi gala dinner. Sedangkan Hotel Meruorah merupakan lokasi ASEAN Leaders' Interface Meetings, 15th IMT-GT Summit, dan 15th BIMP-EAGA Summit.

photo
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023. - (Republika/Dwina Agustin)

Semua tempat yang menampung para kepala negara dari negara-negara ASEAN menyajikan pemandangan pantai, pesisir, hingga dermaga. Contoh saja Ayana berada di daratan tinggi yang menunjukan pemandangan Pantai Waecicu dari ketinggian. Gundukan bukit hijau yang berada di tengah-tengah lautan biru.

Pemandangan tidak kalah memukau juga di Puncak Waringin yang menjadi tempat penyelenggaraan Spouse Program. Dengan bangunan mbaru gendang atau rumah adat khas Manggarai yang berada pada ketinggian 45-54 meter di atas permukaan laut. Bangunan dengan atap alang-alang berbentuk kerucut ini  memiliki viewing deck yang dapat langsung melihat pemandangan lautan dan marina Labuan Bajo yang lengkap dengan mercusuar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement