Rabu 06 Sep 2023 20:04 WIB

Bertemu Wapres AS, Jokowi Sampaikan Belasungkawa Bencana Kebakaran di Hawaii

Dalam kesempatan tersebut Wapres AS memuji kepemimpinan Jokowi di ASEAN.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nidia Zuraya
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris (kiri) disambut oleh Presiden RI Joko Widodo di pertemuan KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023).
Foto: EPA-EFE/WILLY KURNIAWAN
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris (kiri) disambut oleh Presiden RI Joko Widodo di pertemuan KTT ASEAN-Amerika Serikat di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas tragedi bencana kebakaran yang terjadi di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023).

“Pertama-tama, saya menyampaikan rasa duka cita atas bencana kebakaran yang terjadi di Maui, Hawaii,” kata Jokowi.

Baca Juga

Ia pun berharap para korban bencana bisa ditemukan dan keluarga yang terdampak bisa segera pulih kembali.

Lebih lanjut, dalam sambutan pengantarnya, Jokowi menyampaikan bahwa dukungan Amerika Serikat sebagai mitra strategis diharapkan untuk kesuksesan KTT ASEAN. Selain itu, Jokowi juga menekankan ingin memperkuat kerja sama bilateral kedua negara.

Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris mengapresiasi kepemimpinan Jokowi di ASEAN. Menurut Harris, Jokowi telah membuat ASEAN sebagai prioritas untuk menciptakan hasil nyata, khususnya pada pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Harris juga menyebut bahwa Indonesia selama ini telah menjadi mitra yang kuat untuk memulihkan kembali demokrasi di Myanmar. “Hari ini kita akan melanjutkan hubungan bilateral yang penting ini yang akan terus diperkuat dan kita akan bekerja sama dan memperdalam pembahasan yang telah anda lakukan dengan Presiden Biden baru-baru ini di Bali,” ujar Harris.

Menurut Harris, Indonesia merupakan mitra yang penting dan sahabat bagi Amerika Serikat. Indonesia dan Amerika Serikat memiliki hubungan persahabatan yang sudah terjalin lama yang bisa meningkatkan kemakmuran dan keamanan bagi kedua negara, serta bagi Indo-Pasifik.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement