Jumat 05 May 2023 15:02 WIB

Joe Biden Utus Sang Istri untuk Menghadiri Penobatan Raja Charles III

Penobatan Raja Charles III akan dilakukan pada 6 Mei 2023.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
 Ibu Negara Jill Biden melambai saat dia dan Presiden Joe Biden berjalan menuju Air Force One di Bandara Internasional John F. Kennedy, Senin, 31 Oktober 2022, di New York, setelah menghadiri upacara peringatan pribadi.
Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
Ibu Negara Jill Biden melambai saat dia dan Presiden Joe Biden berjalan menuju Air Force One di Bandara Internasional John F. Kennedy, Senin, 31 Oktober 2022, di New York, setelah menghadiri upacara peringatan pribadi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jill Biden telah dikenal memiliki hubungan dekat dengan keluarga kerajaan Inggris. Ia memiliki kemampuan multitalenta ya, seperti dengan anggota para militer yang terluka bersama Pangeran Harry, mendiskusikan nilai pendidikan anak usia dini dengan Putri Kate dan menyeruput teh yang dituangkan oleh Ratu Elizabeth II.

Kini ibu negara AS itu kembali ke London untuk menghadiri seremonial kerajaan lainnya. Presiden Joe Biden telah mengutus istrinya untuk mewakili Amerika Serikat dalam penobatan Raja Charles III, putra tertua mendiang Ratu Elisabeth, pada hari Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga

Dalam sejarah hubungan Inggris dan AS modern, belum pernah ada presiden Amerika yang menghadiri penobatan kerajaan Inggris. "Menuju ke Inggris untuk menghadiri Penobatan Raja Charles III - yang pertama dalam 70 tahun terakhir," Jill Biden menulis di Twitter sebelum penerbangannya pada hari Kamis ke London.

"Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili Amerika Serikat dalam momen bersejarah ini dan merayakan hubungan istimewa antara kedua negara," tulis Jill Biden.

Jill Biden baru berusia 2 tahun ketika Elizabeth dinobatkan pada Juni 1953. Dia memegang tahta selama tujuh dekade hingga kematiannya September lalu pada usia 96 tahun.

Selama berada di London, Jill Biden akan melakukan beberapa diplomasi lunak sebelum acara seremonial besar penobatan tersebut. Ia akan bepergian dengan Finnegan Biden, salah satu cucunya.

Ibu negara akan menghabiskan sebagian hari Jumat di kantor Perdana Menteri No 10 Downing St, di kediaman resmi perdana menteri ini, ia akan bertemu untuk pertama kalinya dengan Akshata Murty, istri Perdana Menteri Rishi Sunak. Setelah itu, kedua wanita ini akan bertemu dengan para veteran dan keluarga mereka yang berpartisipasi dalam program kesehatan dan kebugaran.

Mereka kemudian akan mengunjungi sebuah sekolah yang menyelenggarakan acara tentang penobatan. Ibu negara AS juga akan mampir ke Kedutaan Besar AS untuk menyapa para staf dan keluarga mereka sebelum mengakhiri harinya di resepsi yang diselenggarakan Raja Charles III di Istana Buckingham.

Pada hari Sabtu, Jill Biden akan mewakili Amerika Serikat dalam acara penobatan di Westminster Abbey, duduk di antara beberapa ratus kepala negara, bangsawan dari negara lain, dan tamu lainnya yang diundang untuk menyaksikan Charles dan istrinya, Camilla, dinobatkan sebagai raja dan ratu. Setelah itu, ia akan menghadiri resepsi yang diselenggarakan oleh Duta Besar AS Jane Hartley.

Jill Biden juga akan berbaur dalam jamuan makan siang pada hari Minggu yang diselenggarakan oleh Sunak dan Murty di kediaman mereka di Downing Street sebelum terbang kembali ke Washington.

Presiden Biden telah menerima beberapa kritik karena melewatkan penobatan tersebut, tetapi Gedung Putih telah mengutip preseden untuk keputusannya. Dwight Eisenhower, yang menjabat sebagai presiden pada tahun 1953, tidak menghadiri penobatan Elizabeth.

Presiden dan Charles telah berinteraksi dalam berbagai acara iklim global sejak Biden menjabat, dan selama pemakaman ratu tahun lalu. Mereka juga berbicara pada bulan April ketika Biden menelepon untuk mengatakan bahwa ia akan mengirim ibu negara ke penobatan, dan presiden menyatakan minatnya untuk bertemu dengan raja di Inggris di kemudian hari, demikian ungkap Gedung Putih pada saat itu.

Ibu negara AS, Jill Biden sering kali menggantikan presiden ketika ia tidak dapat hadir. "Saya senang melihat ibu negara sebagai perwakilan kami dan saya akan sangat senang jika ada ibu negara yang hadir," kata Lindsay Reynolds, yang merupakan kepala staf Gedung Putih untuk ibu negara Melania Trump. "Saya rasa tidak masalah jika presiden tidak hadir."

Sebagian besar ibu negara era modern, termasuk Jill Biden, telah menjalin hubungan dengan anggota keluarga kerajaan Inggris karena mendiang ratu telah bertemu dengan semua presiden Amerika sejak Eisenhower, kecuali Lyndon Johnson.

Biden adalah pemimpin AS ke-13 dan terakhir yang bertemu dengan ratu. Mereka bertemu ketika dia mengunjungi Inggris pada tahun 2021 bersama istrinya untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak Kelompok Tujuh pemimpin dunia. Pada saat itu, ratu juga mengundang keluarga Biden untuk minum teh bersamanya di Kastil Windsor.

Jill Biden mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara telepon setelah kematian ratu bahwa duduk di ruang tamunya seperti bersama neneknya.

"Dan dia berkata, 'Biar saya yang menuangkan teh,' dan kami berkata, 'Tidak, tidak, biar kami yang membantu,' dan dia berkata, 'Oh, tidak, tidak, tidak, saya yang ambilkan. Anda duduklah,'" kata ibu negara. "Dan itu adalah momen yang sangat istimewa dengan seorang wanita yang sangat istimewa."

Selama perjalanan itu, ia dan istri Pangeran William, Kate, bertemu untuk pertama kalinya di sebuah taman kanak-kanak di barat daya Inggris, di mana mereka berpartisipasi dalam sebuah diskusi meja bundar tentang peran pendidikan anak usia dini dalam hasil kehidupan. Mereka juga belajar tentang merawat kelinci.

Ibu negara juga telah bertemu dengan saudara laki-laki William, Pangeran Harry, beberapa kali melalui pekerjaan dan dukungan mereka terhadap para veteran militer. Dia telah bergabung dengan Harry untuk Invictus Games, sebuah kompetisi atletik yang dia dirikan untuk para veteran militer yang terluka atau sakit.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement