Ahad 04 Jun 2023 05:20 WIB

Jepang, AS, dan Korsel Luncurkan Sistem untuk Berbagi Info Rudal Korut

Ketiga negara juga mengadakan latihan pertahanan rudal tiga arah sebagai tanggapan.

 Sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) berbahan bakar padat Hwasong-18 baru di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, 13 April 2023 (Dikeluarkan 14 April 2023) .
Foto: EPA-EFE/KCNA
Sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) berbahan bakar padat Hwasong-18 baru di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, 13 April 2023 (Dikeluarkan 14 April 2023) .

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan pada Sabtu (3/6/2023) sepakat meluncurkan sebuah sistem berbagi informasi tentang rudal Korea Utara secara aktual (real-time) pada akhir tahun. Ini dilakukan di tengah uji coba rudal balistik yang berkali-kali dilakukan Pyongyang.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan menyusul pembicaraan mereka di sela konferensi tingkat tinggi (KTT) Keamanan Asia (Asia Security Summit) di Singapura, Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada, Menhan AS Lloyd Austin, dan MenhanKorsel Lee Jong Sup, mengatakan bahwa mereka akan "membuat kemajuan lebih lanjut" membuat sistem baru dapat operasional "selama beberapa bulan ke depan."

Baca Juga

Pembicaraan pertama di antara menteri pertahanan ketiga negara sejak Juni tahun lalu terjadi di sela-sela KTT yang berlangsung selama tiga hari di negara-kota Asia Tenggara itu, yang juga dikenal sebagai Dialog Shangri-La, yang dimulai pada hari Jumat.

Sistem berbagi informasi yang direncanakan akan memungkinkan ketiga negara untuk mendeteksi dan melacak proyektil yang ditembakkan oleh Korut dengan lebih akurat dan cepat, dan akan menjadi "langkah besar untuk pencegahan, perdamaian, dan stabilitas," kata pernyataan tersebut.

Para menteri juga berjanji untuk mengadakan latihan pertahanan rudal tiga arah, di samping latihan anti-kapal selam, secara teratur sebagai tanggapan atas tindakan Korut, serta bertindak sebagai pencegahan.

Jepang dan Korsel akan berbagi informasi secara aktual melalui Amerika Serikat, karena dua sekutu keamanan AS di Asia Timur tidak memiliki mekanisme komunikasi langsung. Washington memiliki sistem yang terhubung dengan Tokyo dan Seoul secara individual untuk melacak rudal Pyongyang dari waktu peluncuran hingga saat tumbukan.

Kerangka yang dipertimbangkan "akan meningkatkan kemampuan masing-masing negara untuk mendeteksi dan menilai ancaman rudal Korea Utara," kata Hamada kepada wartawan setelah pertemuan trilateral.

Hamada menambahkan bahwa rincian terkait hal tersebut sedang dikerjakan. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden AS Joe Biden, dan Presiden Korsel Yoon suk Yeol sepakat dalam sebuah pertemuan di Kamboja pada November tahun lalu untuk dapat berbagi data peringatan rudal Korut secara aktual.

Para menhan negara-negara tersebut mengadakan pembicaraan setelah peluncuran satelit pengintaian militer Korut gagal pada hari Rabu. Ketiga negara mengatakan operasi tersebut kemungkinan akan menggunakan teknologi rudal balistik, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kantor berita resmi Korut, KCNA, mengatakan bahwa "cacat serius" muncul di mesin roket yang membawa satelit setelah peluncuran, dan mengakui roket tersebut terbang tidak normal.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement