Senin 05 Jun 2023 18:06 WIB

Angkatan Laut AS Rilis Video Interaksi Kapal Cina di Selat Taiwan

Kapal perang Cina melintas di depan kapal perusak AS di jalur air yang sensitif.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
USS Chung-Hoon mengamati sebuah kapal angkatan laut China melakukan apa yang disebutnya sebagai manuver China yang
Foto:

Sebelumnya pada 26 Mei, sebuah jet tempur Cina melakukan manuver agresif  di dekat pesawat militer AS di atas Laut Cina Selatan di wilayah udara internasional. “Tampak bagi saya bahwa Beijing telah menginstruksikan pasukannya untuk menanggapi dengan lebih tegas terhadap apa yang diyakininya melanggar AS dan pasukan sekutunya,” kata Derek Grossman, analis pertahanan senior di RAND Corporation, sebuah lembaga think tank AS.

“Dengan melakukan itu, Cina hanya meningkatkan kemungkinan salah perhitungan, yaitu kapal atau pesawat bertabrakan secara tidak sengaja, yang kemudian dapat berubah menjadi konflik bersenjata,” ujar Grossman menambahkan.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut tindakan Cina dengan kapal AS dan Kanada sebagai provokasi. Taiwan mengatakan, tindakan itu adalah tanggung jawab bersama negara-negara bebas dan demokratis untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di selat itu.

"Setiap tindakan untuk meningkatkan ketegangan dan bahaya tidak akan berkontribusi pada keamanan regional," kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan.

 

Kementerian Pertahanan Taiwan meminta Cina untuk menghormati hak atas kebebasan navigasi. Cina mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya. Namun klaim ini ditolak keras oleh pemerintah di Taipei. Beijing telah meningkatkan tekanan militer dan politik untuk memaksa Taiwan menerima kedaulatannya, termasuk melakukan manuver reguler di dekat pulau itu. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement