Senin 19 Jun 2023 08:33 WIB

Parlemen Sebut Jangan Anggap Enteng Potensi Rusia untuk Serang Swedia

Saat ini Swedia sedang berusaha memperoleh keanggotaan NATO.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Swedia. Sebuah laporan komite pertahanan parlemen Swedia mengungkapkan, serangan militer Rusia terhadap negara tersebut tidak dapat dikesampingkan.
Foto:

Ankara menuding Swedia dan negara tetangganya Finlandia tak mendukung upaya perlawanan terhadap PKK dan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah (YPG). Turki diketahui telah menetapkan dua kelompok tersebut sebagai organisasi teroris.

Berbeda dengan Swedia, Turki telah memberi persetujuan bagi keanggotaan Finlandia. Helsinki resmi menjadi anggota ke-31 NATO pada April lalu.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah meminta Turki berhenti melakukan penentangan terhadap upaya Swedia bergabung dengan aliansi tersebut. Menurut Stoltenberg, Stockholm telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi komplain keamanan yang dilayangkan Ankara.

“Swedia telah mengambil langkah nyata yang signifikan untuk memenuhi keprihatinan Turki. Swedia telah memenuhi kewajibannya,” kata Stoltenberg kepada awak media usai melakukan pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istanbul, 4 Juni 2023 lalu.

Stoltenberg menekankan, keanggotaan Swedia tidak hanya akan membuat negara tersebut aman, tapi juga memperkuat NATO, termasuk di dalamnya Turki. “Saya berharap menyelesaikan aksesi Swedia secepat mungkin,” ujarnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement