Senin 19 Jun 2023 13:04 WIB

Putin Tolak Inisiatif Perdamaian Delegasi Afrika

Tujuh negara Afrika memberikan inisiatif perdamaian 10 poin.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Rusia Vladimir Putin menolak proposal perdamaian yang diajukan delegasi negara-negar Afrika
Foto:

Dalam pertemuan di Kiev, Zelenskiy mengatakan kepada delegasi Afrika bahwa pembicaraan hanya akan membekukan perang. Jurang antara kedua belah pihak semakin tegas ketika Putin mencela Zelenskiy dalam pidatonya di forum ekonomi tahunan di St Petersburg.

Putin juga menyatakan kembali tujuan demiliterisasi dan denazifikasi di Ukraina. Kiev dan Barat menyebut demiliterisasi dan denazifikasi hanya sebagai dalih Rusia untuk invasi.

Perang telah menghancurkan kota-kota besar dan kecil di Ukraina. Perang juga memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka dan memakan banyak korban yang tidak diketahui jumlahnya di antara kedua pasukan.

Masing-masing pihak saling menuduh terkait ledakan di bendungan Kakhovka pada 6 Juni di wilayah Kherson. Ledakan di bendungan ini membanjiri wilayah zona perang yang luas. 

Rusia merebut wilayah Kherson pada hari-hari awal invasi dan masih menguasai sebagian wilayah itu. Pernyataan PBB, yang dikeluarkan oleh koordinator kemanusiaan untuk Ukraina, Denise Brown mengatakan, badan dunia akan terus terlibat untuk mencari akses yang diperlukan ke wilayah yang dikuasai Rusia.

"Kami mendesak pihak berwenang Rusia untuk bertindak sesuai dengan kewajiban mereka berdasarkan hukum humaniter internasional. Bantuan tidak dapat ditolak bagi orang yang membutuhkannya," ujar Brown.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement