Senin 26 Jun 2023 08:04 WIB

Serangan Udara Rusia Tewaskan Sembilan Warga Sipil di Idlib Suriah

Jumlah korban tewas dikhawatirkan akan terus bertambah karena banyaknya korban luka

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Sebanyak sembilan warga sipil tewas dan 30 lainnya terluka dalam serangan pesawat tempur Rusia di sebuah pasar di zona de-eskalasi Idlib, Suriah
Foto: EPA-EFE/YAHYA NEMAH
Sebanyak sembilan warga sipil tewas dan 30 lainnya terluka dalam serangan pesawat tempur Rusia di sebuah pasar di zona de-eskalasi Idlib, Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, IDLIB -- Sebanyak sembilan warga sipil tewas dan 30 lainnya terluka dalam serangan pesawat tempur Rusia di sebuah pasar di zona de-eskalasi Idlib, Suriah, menurut sumber-sumber lokal pada Ahad (25/6/2023).

Mengonfirmasi jumlah korban, kelompok pertahanan sipil the White Helmets mengatakan serangan tersebut menghantam pasar sayuran di pusat distrik Jisr al-Shughur. Jumlah korban tewas dikhawatirkan akan terus bertambah seiring dengan banyaknya korban luka yang dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga

Tiga pesawat tempur Rusia berangkat dari Pangkalan Udara Khmeimim di Latakia pada pukul 10.03 pagi waktu setempat, dan melakukan serangan udara ke pasar sayur di distrik Jisr al-Shug, pusat kota, dan sebuah desa, menurut observatorium pesawat oposisi.

Pada September 2018, Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang. Namun, rezim Suriah dan sekutunya secara konsisten melanggar ketentuan gencatan senjata dan melancarkan serangan di dalam zona tersebut.

Suriah telah terlibat dalam perang saudara yang kejam sejak awal 2011, ketika rezim Bashar Assad menindak protes pro-demokrasi dengan keganasan yang tak terduga. Ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta lainnya mengungsi, menurut perkiraan PBB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement