Kamis 29 Jun 2023 21:56 WIB

Argentina Terima Bantuan 1 Miliar Dolar AS dari Bank Dunia dan IDB 

Dana ini diterima saat Argentina mendapatkan tantangan tingginya inflasi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Seorang tunawisma tidur di trotoar di Buenos Aires, Argentina. Angka inflasi di Argentina saat ini sangat tinggi mencapai 100 persen. (ilustrasi)
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Seorang tunawisma tidur di trotoar di Buenos Aires, Argentina. Angka inflasi di Argentina saat ini sangat tinggi mencapai 100 persen. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Kementerian Ekonomi Argentina mengatakan negara Amerika Latin itu akan mendapatkan 1 miliar dolar AS dari Bank Dunia dan Inter-American Development Bank (IDB). Dana itu akan disalurkan untuk proyek-proyek energi dan pembangunan. 

Pengumuman, Kamis (29/6/2023) ini disampaikan saat Argentina sedang berusaha merombak utang dan memenuhi program keuangan lembaga keuangan internasional lainnya. Seperti program pinjaman sebesar 44 miliar dolar AS dengan Dana Moneter Internasional (IMF). 

Kementerian Ekonomi Argentina mengatakan Bank Dunia memberikan 900 juta dolar AS untuk proyek-proyek pembangunan energi bersih, kesehatan dan infrastruktur tahan perubahan iklim. 

Dalam pernyataan lainnya Kementerian mengatakan Argentina dan Uruguay juga menerima program kredit senilai 400 juta dolar AS dari IDB untuk meningkatkan pasokan di Salto Grande Hydroelectric Complex dan memperpanjang "masa operasi" fasilitas itu.

Dana ini didapatkan saat Argentina menghadapi tantangan terbesar untuk menurunkan inflasi di atas 100 persen, mengisi kembali cadangan mata uang asing yang langka dan mengatasi masalah-masalah sosial seperti satu dari 10 warganya hidup di bawah garis kemiskinan. 

 

 

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement