Selasa 11 Jul 2023 18:52 WIB

Joe Biden Akan Gelar Pertemuan dengan Zelenskyy di Sela-Sela KTT NATO

Ukraina mendesak NATO menyampaikan komitmen untuk keanggotaannya dalam aliansi pertah

 Presiden Joe Biden (kiri) berjalan bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjelang sesi kerja mengenai Ukraina selama KTT G7 di Hiroshima, Jepang,  21 Mei 2023.
Foto: AP Photo/Susan Walsh
Presiden Joe Biden (kiri) berjalan bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjelang sesi kerja mengenai Ukraina selama KTT G7 di Hiroshima, Jepang, 21 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Vilnius, Lithuania, pada Rabu (12/7/2023), kata Gedung Putih kepada Anadolu Agency.

Pertemuan tersebut diadakan saat perang Rusia-Ukraina menjadi agenda puncak KTT di Vilnius yang dihadiri 31 pemimpin aliansi militer tersebut guna membahas langkah memperkuat pertahanan dan deteren NATO. Ukraina mendesak NATO menyampaikan komitmen untuk keanggotaannya dalam aliansi pertahanan tersebut.

Baca Juga

Sejumlah anggota NATO enggan mendukung upaya Ukraina karena negeri ini sedang berperang melawan Rusia yang sudah telah melewati hari ke-500. "Saya kira saat ini tidak ada kebulatan suara dalam NATO mengenai apakah akan memasukkan Ukraina ke dalam keluarga NATO, pada saat ini, di tengah perang," kata Biden kepada CNN pekan lalu.

Biden menyebut pembahasan Ukraina segera bergabung dengan NATO adalah terlalu dini. Dia menambahkan, AS dan sekutu-sekutunya dalam NATO akan terus memberikan keamanan dan senjata kepada Ukraina guna mengakhiri perang. Pertemuan terakhir antara Biden dan Zelenskyy terjadi dalam KTT G-7 di Jepang pada Mei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement