Selasa 25 Jul 2023 10:30 WIB

Dua Mantan Dubes AS untuk Israel Inginkan Washington Akhiri Bantuan ke Tel Aviv

Sudah saatnya mengakhiri bantuan 3,8 miliar dolar AS yang diberikan setiap tahun

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Dua mantan duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Israel, salah satunya Martin Indyk mengatakan bahwa sudah saatnya mengakhiri bantuan sebesar 3,8 miliar dolar yang diberikan kepada Israel setiap tahun
Foto:

Alasan-alasan klise yang sering digunakan untuk membenarkan dukungan AS terhadap Israel seperti klaim bahwa Israel adalah "satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah", "nilai-nilai yang sama" di antara kedua negara, dan bahwa negara pendudukan itu adalah "sekutu strategis" Washington, telah mendapat sorotan tajam akhir-akhir ini.

Bantuan tahunan sebesar 3,8 miliar dolar AS untuk Israel lebih dari 10 kali lipat lebih banyak dari yang dikirim AS ke negara-negara yang berpenduduk lebih banyak. Masalah ini akan ditinjau kembali pada tahun 2028.

"Ada pembicaraan serius yang harus dilakukan menjelang nota kesepahaman berikutnya tentang bagaimana cara terbaik untuk menggunakan 40 miliar dolar uang pajak AS," kata Jeremy Ben-Ami, presiden kelompok advokasi J Street, seperti yang dilaporkan oleh NYT.

"Namun, alih-alih diskusi keamanan nasional yang serius, Anda mungkin akan mendapatkan campuran beracun dari pertikaian partisan dan calo politik." Ia menambahkan bahwa diskusi ini kemungkinan akan menarik mengingat Israel semakin menjadi isu dua kubu di Washington.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement