Rabu 28 Jun 2023 10:27 WIB

Berapa Banyak Uang yang Digelontorkan AS untuk Israel?

Israel telah menjadi penerima bantuan luar negeri AS terbesar secara keseluruhan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Sejak Perang Dunia Kedua, Israel telah menjadi penerima bantuan luar negeri AS terbesar secara keseluruhan.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Sejak Perang Dunia Kedua, Israel telah menjadi penerima bantuan luar negeri AS terbesar secara keseluruhan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --- Presiden Joe Biden menghadapi pertanyaan dari beberapa orang di Partai Demokrat tentang jumlah bantuan yang dikirim Amerika Serikat (AS) ke Israel. Dilaporkan BBC, Senator Bernie Sanders mengatakan, AS harus mencermati bagaimana Israel membelanjakan uang itu.

Berapa banyak bantuan yang diberikan AS kepada Israel?

Baca Juga

Pada 2020, AS memberikan bantuan sebesar 3,8 miliar dolar AS kepada Israel. Bantuan ini sebagai bagian dari komitmen tahunan jangka panjang yang dibuat di bawah pemerintahan mantan presiden Barack Obama. Hampir semua bantuan ini bertujuan untuk bantuan militer.

Dukungan ini datang sebagai bagian dari perjanjian yang ditandatangani oleh mantan Obama pada 2016 untuk paket bantuan militer sebesar 38 miliar dolar AS selama 2017-2028. Ini merupakan peningkatan sekitar 6 persen yang disesuaikan dengan inflasi atas komitmen pengeluaran untuk dekade sebelumnya. 

Selain itu, tahun lalu Washington memberikan 5 juta dolar AS untuk memukimkan kembali para migran di Israel. Amerika Serikat memiliki kebijakan lama untuk menerima orang Yahudi dari belahan dunia lain sebagai warga negara.

Bagaimana Israel membelanjakan bantuan uang AS?

Selama bertahun-tahun, bantuan AS telah membantu Israel mengembangkan salah satu militer tercanggih di dunia. Dana ini memungkinkan Israel membeli peralatan militer canggih dari AS.

Israel telah membeli 50 pesawat tempur F-35, yang dapat digunakan untuk serangan rudal. Sejauh ini 27 pesawat telah dikirimkan, dengan biaya masing-masing sekitar 100 juta dolar AS.

Tahun lalu Israel juga membeli delapan pesawat Boeing 'Pegasus' KC-46A dengan harga sekitar 2,4 miliar dolar AS.  Pesawat ini mampu mengisi bahan bakar di udara seperti pesawat F-35.

Dari 3,8 miliar dolar AS yang diberikan kepada Israel pada tahun 2020, sebanyak 500 juta dolar AS dialokasikan untuk pertahanan rudal, termasuk investasi di Iron Dome Israel dan sistem lain yang dapat mencegat roket yang masuk. Sejak 2011, AS telah menyumbangkan total 1,6 miliar dolar AS untuk sistem pertahanan Iron Dome.

Selain itu, Israel telah menghabiskan jutaan dolar untuk berkolaborasi dengan AS dalam mengembangkan teknologi militer, seperti sistem untuk mendeteksi terowongan bawah tanah yang digunakan untuk menyusup ke Israel. Sementara Pemerintah Israel banyak berinvestasi dalam peralatan dan pelatihan militer. Israel menggunakan bantuan AS sebagai kompensasi karena negara itu lebih kecil dari banyak kekuatan regional lainnya.

Seberapa besar bantuan AS untuk Israel dibandingkan negara lain?

Sejak Perang Dunia Kedua, Israel telah menjadi penerima bantuan luar negeri AS terbesar secara keseluruhan. Menurut USAID, pada 2019 Israel adalah penerima bantuan luar negeri AS tertinggi kedua setelah Afghanistan.

Banyak uang yang diberikan ke Afghanistan telah digunakan untuk mendukung upaya militer AS guna menstabilkan negara tersebut, yang telah dilanda perang sejak invasi AS pada 2001. Tetapi dengan pasukan AS yang akan meninggalkan Afghanistan pada September tahun ini, Washington hanya memberikan bantuan sekitar 370 juta dolar AS yang untuk 2021.

Sejauh ini Israel menerima uang paling banyak di Timur Tengah.  Mesir dan Yordania juga merupakan penerima utama bantuan AS. Masing-masing menerima bantuan senilai sekitar 1,5 miliar dolar AS pada 2019.

Mengapa AS memberikan banyak bantuan kepada Israel....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement