Jumat 28 Jul 2023 08:04 WIB

Pertemuan Biden-Meloni Tegaskan Peran Italia Secara Global

Meloni tegas menggambarkan AS sebagai mitra dagang terpenting Italia di luar Uni Erop

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni di Gedung Putih pada Kamis (27/7/2023).
Foto:

Meloni tegas menggambarkan AS sebagai mitra dagang terpenting Italia di luar Uni Eropa. Terlebih lagi G7 secara resmi meluncurkan alternatif BRI, yaitu Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global pada tahun lalu.

Alinasi G7 mengatakan pada Mei di pertemuan tingkat tinggi para pemimpin negara di Jepang, bahwa mereka mencoba untuk mengurangi ketergantungan yang berlebihan pada negara lain. Namun mereka pun sepakat tidak memisahkan atau berbalik arah.

Pertemuan Biden dan Meloni berlangsung kurang dari seminggu setelah perdana menteri Italia itu menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang migrasi di Roma. Italia mencoba mengatasi tingginya volume migran yang datang dengan kapal dari Afrika Utara.

Dalam kegiatan itu, Peserta yang terdiri dari lebih dari 20 negara setuju untuk membuat aliansi. Aliansi ini melahirkan kesepakatan yang berkomitmen untuk menindak penyelundupan manusia dan meningkatkan kerja sama di bidang-bidang seperti energi terbarukan untuk memerangi perubahan iklim dan memperbaiki prospek negara-negara miskin.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement