Sabtu 12 Aug 2023 14:31 WIB

Kisah Memilukan Para Korban Selamat dari Kebakaran Hawaii

Api menelan sebagian Maui, Hawaii.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Seorang pria berjalan melewati reruntuhan kebakaran hutan di Lahaina, Hawaii, AS, Jumat, (11/8/2023).
Foto: AP Photo/Rick Bowmer
Seorang pria berjalan melewati reruntuhan kebakaran hutan di Lahaina, Hawaii, AS, Jumat, (11/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Berlari untuk Hidup di Kebakaran Besar Maui

Baca Juga

MAUI -- Koki imigran membangun kehidupan baru. Seorang janda bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal. Sepasang suami istri sedang mengikrarkan janji pernikahan.

Semua terjebak dalam kebakaran, terpaksa melarikan diri saat api menelan sebagian Maui, Hawaii. Mike Cicchino meringkuk di belakang sebuah van bersama istrinya. Api dan asap hitam yang mencekik mengelilingi mereka. Orang-orang berlarian dan berteriak. Suara ledakan bergemuruh.

“Kita harus bersiap untuk mati,” pikir Cicchino.

Cicchino pun menelepon ibunya dan mengatakan betapa mencintainya, lalu saudara laki-lakinya, lalu yang paling tangguh dari semuanya, putrinya yang berusia empat tahun yang aman bersama ibunya. Setiap napas yang terengah-engah terasa seperti yang terakhir.

"Aku mencintaimu. Jadilah baik. Kau tahu aku akan selalu ada untukmu," katanya kepada putrinya.

Hanya sekitar 15 menit telah berlalu sejak Cicchino dan istrinya Andreza meninggalkan rumah dengan truk dan melewati adegan bencana seperti dalam film-film. Setelah penghalang jalan polisi memaksa mereka ke Front Street, pasangan ini meninggalkan truk dan berlari ke satu arah, lalu ke arah lain, menemukan dinding api menghalangi.

Mereka berlindung di dalam van, mengira itu mungkin memberikan perlindungan dari asap. Namun, melihat api semakin dekat, mereka berlari ke tembok laut dan melompat ke bebatuan tajam di bawah.

Pasangan ini mencelupkan kemeja mereka ke dalam air, membungkusnya di sekitar hidung, dan berjongkok rendah ke dinding, mencoba menghindari asap. Saat bangunan kayu menyala, bara menghanguskan kulit mereka.

Dengan kobaran api semakin dekat dan api menjilati bagian atas tembok, mereka melompat ke laut. Selama lima atau enam jam berikutnya, Cicchino dan Andreza terombang-ambing di antara laut dan pantai yang berkarang. Pria berusia 37 tahun dan telah tinggal di Maui sejak masih kecil, melesat bolak-balik membantu orang lain melewati tembok. Setidaknya salah satu orang yang didekatinya sudah mati.

Saat jam demi jam berlalu dan Cicchino membawa lebih banyak orang, tulang rusuknya sakit dan matanya hampir bengkak. Pada satu titik, dia jatuh berlutut dan muntah.

Sebuah kapal Penjaga Pantai akhirnya mendekati pantai dan membawa beberapa anak naik tepat saat petugas pemadam kebakaran tiba di darat. Cicchino dan istrinya dipimpin oleh petugas pemadam kebakaran ke sebuah pikap, melewati api untuk melarikan diri.

Mereka berjalan ke pusat triase, lalu tempat berlindung. Sampai akhirnya, Cicchino pikir dia akan mati. Ponsel yang disimpan oleh tas tahan air tiba-tiba mendapat sinyal. Sekarang dia bisa menyebarkan berita bahwa dia masih hidup.

Seperti dengan pengalam Cicchino berjuang menghindari kebakaran, Marlon Vasquez mendengar alarm saat kebakaran mendekat. Hanya ada waktu untuk lari.

Koki berusia 31 tahun itu berteriak memanggil saudara laki-lakinya dan membuka pintu rumah sewaan Lahaina dengan asap tebal dan panas yang menyengat. "Api hampir menimpa kami," katanya.

Kedua kakak beradik itu berlari cepat. Siang berubah menjadi malam saat asap menutupi matahari, kadang-kadang terlihat seperti bola merah.

Jalanan macet oleh mobil. Orang terjun ke perairan Pasifik. Pada satu titik, api mengejarnya saat angin kencang menghempaskan mereka ke lereng gunung. Udara begitu hitam sehingga dia muntah.

“Kami berlari dan berlari. Kami berlari hampir sepanjang malam hingga keesokan harinya karena api tidak berhenti,” kata Vasquez.

Mereka terus berlari menyusuri pantai sampai mereka bertemu dengan seorang pengendara motor yang mengantar ke tempat penampungan. Mereka bergabung dengan sekitar 200 orang lainnya di sebuah gimnasium.

Restoran tempat Vasquez bekerja hancur. Dia hanya berhasil mengambil paspor, dompet, beberapa botol air dan sekaleng ikan sarden.

Vasquez tiba di Amerika Serikat dari Guatemala pada awal 2022. Sekarang, mobilnya dan semua yang dia kerjakan telah terbakar.

Imigran itu tidak yakin apakah teman sekamar tempat dia dan saudara laki-lakinya tinggal bersama berhasil keluar. Dia bertanya-tanya tentang orang-orang yang mereka lewati yang tidak dapat berlari seperti mereka. Dia tidak tahu ke mana mereka akan pergi selanjutnya. Mereka akan mencari pekerjaan di negara bagian atau negara mana pun yang memiliki pekerjaan untuk mereka.

Tampaknya hanya ada satu kepastian bagi Vasquez. "Kami akan terus berjuang," katanya. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement