Senin 14 Aug 2023 14:24 WIB

Apa yang Menyebabkan Kebakaran di AS Sangat Mematikan?

Hampir separuh luas daratan di AS terdiri dari hutan, semak belukar, padang rumput

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Suasana kota yang hangus terbakar di Lahaina, Hawaii, AS, (11/8/2023).
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Suasana kota yang hangus terbakar di Lahaina, Hawaii, AS, (11/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAUI -- Kebakaran Hutan Maui di Hawaii telah menewaskan sedikitnya 93 orang, dengan jumlah total kemungkinan akan meningkat saat tim pencari menyaring reruntuhan kota resor bersejarah Lahaina. Jumlah korban saat ini telah menjadikannya kebakaran hutan itu paling mematikan di Amerika Serikat (AS) dalam lebih dari satu abad.

Kebakaran hutan Hawaii yang dimulai pada 8 Agustus 2023 malam. Penyebab kebakaran itu pun sampai saaat ini belum ditentukan. Gubernur Hawaii Josh Green menyebut pada Ahad (13/8/2023), bagian Pulau Maui yang hancur akibat kebakaran hutan sebagai zona perang.

Baca Juga

Apa Kebakaran Hutan Paling Mematikan dalam Sejarah AS?

Menurut National Fire Protection Association (NFPA), kebakaran Peshtigo di Wisconsin dimulai pada 8 Oktober 1871 dan menewaskan 1.152 orang. Pada saat itu, Peshtigo adalah rumah permanen bagi sekitar 2.000 orang, meskipun populasinya membengkak karena para imigran mencari pekerjaan di industri kayu, manufaktur, dan kereta api.

Kota itu dikelilingi hutan pinus, semua bangunannya terbuat dari kayu, termasuk trotoarnya. Serbuk gergaji dari pabrik pengerjaan kayu yang terbesar di dunia telah menutupi semuanya.

Pada 8 Oktober 1871, setelah musim dingin, musim semi, dan musim panas yang kering, kota ini menjadi sangat rentan. Menurut masyarakat sejarah Peshtigo, sistem tekanan rendah menimbulkan angin kencang dan mengubah api unggun di dekatnya menjadi kebakaran besar. Para penyintas digambarkan sebagai tembok api yang menghabiskan permukiman dalam beberapa menit.

Berapa Banyak yang Meninggal dalam Kebakaran Cloque dan Great Hinkley?

Kebakaran Hutan Maui adalah yang paling mematikan sejak kebakaran Cloquet pada Oktober 1918. Ketika itu, menurut Perpustakaan Kongres, percikan api dari kereta api menyulut kebakaran yang mengamuk selama lebih dari empat hari, menghancurkan Minnesota utara.

NFPA menetapkan jumlah korban tewas 453 sebagai akibat dari apa yang sekarang dikenal sebagai Cloquet/Moose Lake Fires. Pada 1894, di tengah kondisi yang sangat mirip dengan kebakaran Peshtigo 23 tahun sebelumnya, situs web pemerintah Hinckley menyatakan, angin sepoi-sepoi bertiup dan mengubah beberapa api kecil yang tersebar di dekat sekelompok komunitas penebangan menjadi dinding api yang menghancurkan.

Area yang tersapu habis oleh kebakaran itu Hinckley, Mission Creek, Sandstone, Miller, Partridge dan Pokegama. Api membunuh sekitar 418 orang.

Seberapa Rentan Area Lain di AS Bisa Terbakar?

Asosiasi Manajemen Darurat Federal (FEMA) mendefinisikan kebakaran hutan sebagai kebakaran yang tidak direncanakan dan tidak diinginkan di area alami, seperti hutan, semak belukar, dan padang rumput. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), hampir separuh luas daratan di AS terdiri dari hutan, semak belukar, dan padang rumput.

Saat ini ada hampir 45 juta rumah di AS yang berlokasi dekat atau berdekatan dengan area tersebut. National Interagency Fire Center memperkirakan, ada 71,8 juta properti di AS yang pada tingkat tertentu berisiko kebakaran. Sejak 2018, kebakaran hutan di AS telah menghancurkan hampir 63 ribu bangunan, yang sebagian besar adalah rumah.

Apa yang Menyebabkan Kebakaran di AS Sangat Mematikan?

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement