Sabtu 19 Aug 2023 19:49 WIB

Mali dan Burkina Faso Kirim Jet Tempur Bantu Niger Hadapi ECOWAS

Militer mengambilalih kekuasaan di Niger saat ini.

Para Kepala Staf Pertahanan negara-negara ECOWAS menghadiri Pertemuan Luar Biasa Komite Kepala Staf Pertahanan ECOWAS tentang Situasi Politik di Republik Niger. ilustrasi
Foto:

Amerika Serikat (AS) berencana mengevakuasi dua pangkalan drone utama dan kontra-teror di Niger. Jenderal Angkatan Udara, James Hecker mengatakan, AS akan memindahkan dua pangkalan itu ke negara-negara sekutu di wilayah Sahara dan Sahel.

"Kami akan mencari negara-negara sekutu AS di wilayah Sahara dan Sahel, yang mungkin dapat kami bermitra, dan kemudian memindahkan aset kami di sana,” kata Hecker kepada wartawan di Washington.

Hecker menekankan, belum ada keputusan dari pemerintahan Presiden Joe Biden terkait evakuasi diplomat atau pasukan keamanan AS dari Niger. Pangkalan AS di Niger. Pangkalan udara AS terdapat di Ibu Kota Niamey, dan di kota terpencil Agadez di tepi selatan Sahara.

Hecker mengatakan, jika pasukan AS meninggalkan Niger maka mereka tidak dapat bekerja dengan tentara pemberontak yang sekarang memimpin negara. Menurut Hecker, hal ini akan berdampak pada upaya intelijen dan kontraterorisme AS.

“Tapi tentu saja yang kami harapkan adalah kami memiliki solusi diplomatik damai untuk ini dan kami tidak harus pergi,” kata Hecker.

sumber : Antara/Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement