Senin 21 Aug 2023 08:49 WIB

Jet Tempur F-16 Vs MiG-29, Mana yang Lebih Unggul?

Pertama kali jet tempur digunakan pada akhir Perang Dunia II.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat tempur MIG-29 Rusia.
Foto: AP/Misha Japaridze, File
Pesawat tempur MIG-29 Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, Keunggulan jet tempur F-16 dan MiG-29 sudah tak diragukan lagi. Saat berbelok tajam, Anda akan terempas ke kursi dengan gaya yang berkali-kali lipat lebih kuat dari gravitasi.

Anda hanya dapat mempertahankan kesadaran jika Anda berada dalam kondisi fisik yang prima dan mengenakan celana khusus yang dapat memeras darah dari kaki Anda. Anda jarang terbang di bawah 900 kilometer per jam (sekitar 560 mil per jam).

Baca Juga

"Akselerasinya sangat menakjubkan." Begitulah cara mantan pilot Angkatan Udara Jerman Joachim Vergin menggambarkan perasaan menerbangkan jet tempur.

Orang mungkin membandingkannya dengan menaiki roller coaster, tetapi tidak juga: Tenaga dalam pesawat jet dua kali lebih kuat. Dan selama pertempuran, Anda harus mengoperasikan sejumlah besar sistem senjata secara bersamaan: Menyerang, menghindar, bertahan. Dalam situasi yang ekstrem, seperti serangan udara, semuanya adalah masalah hidup dan mati, sering kali dengan kecepatan suara.

Mesin di bawah tekanan

Pertama kali jet tempur, seperti F-16 dan MiG-29, digunakan pada akhir Perang Dunia II. Dengan mesin turbojet, jet tempur terbang jauh lebih cepat daripada pesawat baling-baling, yang telah digunakan hingga saat itu.

Mesin jet menyedot udara ke bagian depan motor, di mana udara dikompresi. Bahan bakar disemprotkan ke udara yang sangat bertekanan dan dinyalakan. Hal ini memaksa udara keluar dari mesin "dengan sangat kuat," kata Robert Kluge, seorang ahli penerbangan di Deutsches Museum di Munich.

Saat udara dipercepat dalam proses tersebut, sebuah daya dorong tercipta yang mendorong pesawat ke depan.

Target pesawat jet: Di udara atau di darat

Jet tempur dapat menyerang target di udara maupun di darat. Untuk pertempuran udara, jet dapat dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara yang dapat ditembakkan dalam penerbangan untuk menghancurkan target yang juga terbang.

Untuk menyerang target di darat, jet tempur dapat menggunakan rudal udara-ke-darat atau menjatuhkan bom jatuh bebas sederhana yang jatuh ke tanah sesuai dengan hukum fisika, kata Leonhard Houben, sejarawan di Museum Sejarah Militer Berlin-Gatow.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement