Selasa 29 Aug 2023 05:00 WIB

Deretan Negara Eropa yang Melarang Atribut Islam

Negara-negara di Eropa telah bergulat dengan isu jilbab, termasuk burka dan niqab.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Muslimah Prancis.
Foto:

 

Sepuluh tahun sebelumnya, pemerintah mengumumkan akan melarang hakim mengenakan jilbab dan simbol agama atau politik serupa  termasuk salib, kopiah Yahudi, dan sorban di ruang sidang. Parlemen Denmark menyetujui larangan niqab dan burka pada Mei 2018

Langkah ini dilakukan setelah adanya tekanan dari Partai Rakyat Denmark (DPP), yang terkenal dengan retorika anti-Muslim. DPP kemudian menyerukan agar larangan tersebut diperluas hingga mencakup guru dan tenaga medis.

Pada 2005, sebuah surat kabar Denmark menerbitkan kartun kontroversial menggambarkan Nabi Muhammad sebagai seorang pria berjanggut dengan bom di sorbannya. Gambar tersebut menuai protes terhadap Denmark di seluruh dunia Muslim.

Swiss

Pada akhir 2009, Menteri Kehakiman Swiss, Eveline Widmer-Schlumpf mengatakan, larangan cadar harus dipertimbangkan jika lebih banyak perempuan Muslim yang mulai memakainya. Dia menambahkan bahwa cadar membuatnya merasa tidak nyaman.

Pada bulan September 2013, sebanyak 65 persem pemilih di wilayah Ticino yang berbahasa Italia mendukung pelarangan cadar di tempat umum oleh kelompok mana pun. Ini adalah pertama kalinya 26 wilayah di Swiss memberlakukan larangan semacam itu. 

Bulgaria

Pada Oktober 2016, parlemen Bulgaria meloloskan rancangan undang-undang yang didukung oleh koalisi nasionalis untuk mendenda dan mengurangi tunjangan bagi perempuan yang menutup wajah mereka di depan umum.

Italia

Beberapa kota di Italia menerapkan larangan penggunaan cadar.  Kota Novara di wilayah barat laut adalah salah satu dari beberapa pemerintah daerah yang telah menerapkan peraturan untuk mencegah penggunaan cadar di masyarakat.

Di wilayah Lombardy, Italia, larangan burka disetujui pada Desember 2015 dan mulai berlaku pada Januari 2016. Pemerintah telah membahas perluasan undang-undang yang akan menerapkan hukuman bagi warga Muslim yang menutup wajah, namun hal ini belum ditegakkan secara nasional.

Pada 2004, politisi lokal di Italia utara menghidupkan kembali undang-undang ketertiban umum yang melarang penggunaan cadar. Langkah ini bertujuan untuk menghentikan perempuan mengenakan burka. Beberapa wali kota dari Liga Utara yang anti-imigran juga melarang penggunaan pakaian renang Islami. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement