Rabu 30 Aug 2023 11:56 WIB

Dengan Kekuatan Semakin Besar, Badai Idalia Siap Porak Porandakan Florida

Idalia berkembang dari badai tropis menjadi badai ganas yang lebih kuat.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Badai (ilustrasi). Badai Idalia semakin ganas di Teluk Meksiko mulai Selasa (29/8/2023), saat merangkak menuju Pantai Teluk Florida.
Foto:

Gangguan terkait Idalia meluas ke pantai Atlantik Florida di Cape Canaveral, di mana peluncuran roket pada hari Selasa yang membawa satelit intelijen Angkatan Antariksa AS ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan karena badai tersebut.

Idalia berkembang dari badai tropis menjadi badai ganas yang lebih kuat pada hari Selasa, sehari setelah melewati sebelah barat Kuba, di mana badai ini merusak rumah-rumah dan membanjiri desa-desa. Pada Selasa malam, badai tersebut berputar sekitar 155 mil (250 km) barat daya Tampa sambil merayap ke utara.

Idalia akan menjadi badai besar keempat yang menghantam Florida dalam tujuh tahun terakhir, setelah Irma pada tahun 2017, Michael pada tahun 2018 dan Ian, yang mencapai puncaknya pada Kategori 5, September lalu.

Gelombang air hingga 15 kaki

Di Sarasota - sebuah kota yang terkena dampak parah akibat badai Ian tahun lalu - rumah Milton Bontrager ditinggali dan diisi dengan makanan, air, dan generator.

"Saya tidak panik, saya bersiap-siap," kata Bontrager, 40 tahun, yang mengelola enam kapal nelayan sewaan di Venesia di sepanjang Pantai Teluk dekat Tampa.

Dia berhenti menerima pelanggan beberapa hari yang lalu agar bisa mengamankan kapal-kapalnya. Perahu terbesarnya diikat ke dermaga apung dengan 16 tali dan dilengkapi dengan pompa bertenaga baterai yang menyala secara otomatis jika perahu mulai kemasukan air.

Pantai Teluk Florida bersama dengan tenggara Georgia dan bagian timur Carolina Utara dan Selatan telah menghadapi hujan lebat 4 hingga 8 inci (10 hingga 20 cm) hingga hari Kamis, dengan daerah-daerah yang terisolasi akan mengalami curah hujan hingga 12 inci (30 cm), demikian peringatan dari pusat badai.

Peringatan gelombang pasang dipasang di ratusan mil garis pantai, dari Sarasota ke tempat olahraga memancing di Indian Pass di ujung barat Teluk Apalachicola. Di beberapa daerah, gelombang air dapat naik 10 hingga 15 kaki (3,0 hingga 4,6 meter), kata NHC.

"Pembunuh nomor satu dalam semua badai ini adalah air," ujar Deanne Criswell, administrator Badan Manajemen Darurat Federal, di CNN.

Lebih dari 40 distrik sekolah di Florida membatalkan kelas, kata DeSantis. Bandara Internasional Tampa ditutup untuk operasi komersial dengan rencana untuk dibuka kembali pada hari Kamis esok.

Sekitar 5.500 tentara Garda Nasional dikerahkan, sementara 30.000 hingga 40.000 pekerja listrik disiagakan. Negara bagian ini telah menyisihkan 1,1 juta galon bensin untuk mengatasi gangguan pasokan bahan bakar, kata DeSantis.

Sementara warga Florida bersiap menyambut kedatangan Idalia, warga Kuba bergulat dengan dampak badai, yang berlangsung selama berjam-jam sejak hari Senin di dekat ujung barat negara kepulauan Karibia itu. Badai ini telah menumbangkan pepohonan dan membanjiri desa-desa pesisir.

Di Pinar del Rio, daerah yang dikenal sebagai penghasil tembakau yang digunakan untuk membuat beberapa cerutu terbaik di dunia, 60 persen wilayah provinsi tersebut tidak memiliki listrik. Puluhan ribu orang telah dievakuasi demi keselamatan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement