Kamis 31 Aug 2023 13:05 WIB

Usai Terjang Florida, Badai Idalia Hantam Georgia

Angin kencang badai Idalia merobohkan atap sebuah pom bensin.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Badai Idalia (ilustrasi).
Foto: NASA/EPA
Badai Idalia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PERRY -- Badai Idalia telah menerjang Pantai Teluk Florida pada Rabu (30/8/2023), dengan angin kencang, hujan lebat dan ombak tinggi yang menghantam, kemudian melemah saat mengalihkan amarahnya ke tenggara Georgia, di mana banjir membuat sebagian penduduk terjebak di rumah mereka.

Beberapa jam setelah badai Idalia berkategori 3 dengan kecepatan angin 125 mph (201 km/jam) menghantam daratan di Pantai Keaton di wilayah Big Bend, Florida, pihak berwenang masih mencoba untuk menilai tingkat kerusakan di daerah yang paling parah.

Baca Juga

Rekaman video dan foto-foto dari wilayah sekitar hantaman Idalia menunjukkan air laut membanjiri jalan raya dan lingkungan yang dibanjiri banjir besar pada tengah hari. Pemadaman listrik terjadi di mana-mana di Florida.

Angin kencang merobohkan atap sebuah pom bensin di Perry, sebuah kota dengan sekitar 7.000 penduduk yang berjarak sekitar 20 mil (32 km) ke arah pedalaman dan sebelah utara tempat Idalia mendarat, demikian tayangan video CNN.

Pada konferensi pers sore hari, Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan tidak ada korban jiwa akibat badai yang telah dikonfirmasi. Tampaknya sebagian besar penduduk di daerah dataran rendah yang rentan telah mengindahkan perintah evakuasi dan peringatan untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Namun, Patroli Jalan Raya Florida melaporkan pada hari sebelumnya bahwa dua pengendara mobil tewas dalam kecelakaan terpisah akibat hujan pada Rabu pagi. DeSantis kemudian mengatakan bahwa pihak berwenang negara bagian sedang menyelidiki satu kematian lalu lintas terkait badai yang belum dikonfirmasi.

Kerugian akibat badai Idalia 

Kerugian properti yang diasuransikan di Florida diproyeksikan mencapai 9,36 miliar dolar AS, bank investasi UBS mengatakan dalam sebuah catatan penelitian berdasarkan estimasi awal.

Namun, dari laporan awal, adai Idalia tampaknya jauh lebih tidak merusak dibandingkan Badai Ian, badai Kategori 5 yang menghantam Florida pada bulan September tahun lalu, menewaskan 150 orang dan menyebabkan kerugian sebesar 112 miliar dolar AS.

Gubernur mengatakan bahwa sebanyak 565.000 pelanggan listrik telah kehilangan listrik di beberapa titik selama dan setelah badai. Gubernur DeSantis berbicara di Perry, yang bersama dengan wilayah lain di Taylor County mengalami beberapa kerusakan terparah akibat badai. Listrik padam di seluruh kota, semua bisnis tutup dan banyak rumah kosong.

Menteri Transportasi Florida Jared Perdue mengatakan dalam briefing tersebut bahwa tim Garda Nasional negara bagian sedang melakukan penyelamatan air dari kendaraan di wilayah Hernando dan Taylor.

Di sana-sini, warga terlihat membersihkan pohon-pohon tumbang dan dahan-dahan yang mengotori pekarangan dan jalanan, sehingga menyulitkan untuk melintasi kota. Beberapa rumah dan bangunan lainnya tampak berantakan.

Thomas Demps, 80 tahun, seorang komisaris Taylor County, bersiul panjang dan tertegun dan beberapa kali berseru "Oh, Tuhan!" ketika ia berjalan di sekitar Gereja Baptis Misionaris Gunung Zaitun di Perry pada hari Rabu sore.

Perdue mengatakan bahwa gereja tersebut mengalami kerusakan parah, dengan sirap yang hilang, bagian dinding luar yang robek dan air yang menggenang di lantai. "Ini adalah badai terburuk yang pernah saya lihat di sini, tidak pernah seburuk ini," kata Demps, seorang pensiunan mekanik industri.

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement