Selasa 05 Sep 2023 05:15 WIB

Tembok Berlin Menjulang di Perbatasan AS-Meksiko

Tembok perbatasan AS bersifat pribadi dan politis

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ketika pemerintah Amerika Serikat (AS) membangun tembok perbatasan terbaru, Meksiko merespons dengan meletakkan sisa-sisa Tembok Berlin
Foto:

Presiden AS Joe Biden mengeluarkan perintah eksekutif pada hari pertamanya menjabat untuk menghentikan pembangunan tembok, mengakhiri upaya penandatanganan pendahulunya Trump. Namun pemerintahannya telah melanjutkan proyek-proyek kecil yang sudah dikontrak.

Beberapa pekerjaan itu termasuk mengganti tembok dua lapis di San Diego yang tingginya 5,5 meter dengan tembok setinggi 9,1 meter dan membentang satu kilometer ke laut. Tembok tersebut membelah Taman Persahabatan, sebuah situs lintas batas yang diresmikan oleh ibu negara AS saat itu Pat Nixon pada 1971 untuk melambangkan ikatan binasional.

Selama beberapa dekade, keluarga-keluarga yang dipisahkan oleh status imigrasi bertemu melalui kawat berduri dan melalui pagar rantai. Momen tersebut adalah tujuan perayaan yang disayangi bagi wisatawan dan penduduk di Meksiko.

Pemerintah AS secara bertahap membatasi akses taman dari San Diego selama 15 tahun terakhir di taman negara bagian yang pernah mengizinkan kelas yoga lintas batas, layanan keagamaan, dan festival musik. Setelah pertimbangan panjang, pemerintahan Biden setuju untuk mempertahankan tembok setinggi 5.5 meter untuk bagian kecil dengan beberapa akses akan diizinkan.

Dan Watman dari Friends of Friendship Park yang mengadvokasi akses taman lintas batas mengatakan, bagian setinggi 18,3 meter yang akan tetap berada di ketinggian yang lebih rendah hanyalah isyarat belaka. “Taman di sisi Meksiko telah menjadi semacam pesta sepihak,” katanya.

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengatakan, pihaknya mengantisipasi penggantian penghalang dua lapis yang memburuk pada November. Penghalang lebih tinggi yang sedang dibangun akan memberikan perbaikan yang sangat dibutuhkan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement