Kamis 07 Sep 2023 16:04 WIB

Aisha Wahab, Senator Muslimah Kalifornia yang Menentang Diskriminasi Berdasarkan Kasta

Aisha bangga berdiri bersama orang-orang yang ingin diskriminasi dihentikan.

Senator Aisha Wahab saat berada di Sacramento, Kalifornia, 22 Maret 2023.
Foto: AP Photo/José Luis Villegas,
Senator Aisha Wahab saat berada di Sacramento, Kalifornia, 22 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA – Sejarah tak lama lagi terukir di Negara Bagian Kalifornia setelah senat meloloskan rancangan peraturan yang melarang diskriminasi berdasarkan kasta, Rabu (6/9/2023). Tinggal menunggu tanda tangan gubernur, peraturan ini akan resmi berlaku. 

Maka saat itu Kalifornia akan menjadi negara bagian pertama di AS yang memberlakukan kebijakan tersebut. Sebelum senat memberi lampu hijau, rancangan ini disetujui California Assembly pada Senin (28/8/2023) tengah malam waktu setempat. 

Baca Juga

Siapa sosok penting di balik rancangan ini? Aisha Wahab orangnya. Ia senator Muslim dari Demokrat yang menginisiasi dan menyusun rancangan peraturan itu. Muslimah keturunan Afghanistan ini, menyusun dan menyampaikan rancangan pada Maret 2023. 

‘’Saya bangga berdiri dalam solidaritas bersama setiap orang yang menyatakan dirinya warga Kalifornia, mengalami diskriminasi kasta, dan yang menginginkan diskriminasi dihentikan,’’ kata Aisha setelah senat meloloskan rancangan itu seperti dilansir Aljazirah, Rabu (6/9/2023).

Bukan hal mudah hingga mencapai tahapan seperti sekarang, rancangannya telah diloloskan senat dan tinggal menunggu tanda tangan gubernur. Dalam prosesnya, Aisha menghadapi tantangan berat terutama terkait identitas dirinya sebagai Muslimah. 

Time edisi 29 Maret 2023 melaporkan, Aisha menerima ancaman bernada Islamofobia baik dari AS maupun luar negeri sepekan setelah ia menginisiasi rancangan peraturan pelarangan diskriminasi berdasarkan kasta itu. 

Kantornya, jelas dia, dibanjiri telepon bernada kebencian, ratusan surat elektronik, dan beberapa orang berteriak ke stafnya. Kasta ini merupakan hierarki sosial yang berlangsung di Asia Selatan lebih dari 3.000 tahun tetapi sampai saat ini diskriminasi kasta masih terjadi. 

Ini dirasakan oleh kelompok terbawah dalam hierarki kasta yaitu Dalit. Diskriminasi berdasarkan kasta juga mengalir ke AS. Survei 2018 oleh lembaga nirlaba yang mengadvokasi Dalit, Equality Labs menemukan satu dari empat Dalit di AS mengalami serangan verbal atau fisik. 

Terungkap pula, dua dari tiga Dalit menghadapi diskriminasi berdasarkan kasta di tempat kerja mereka. Komunitas Dalit adalah yang terendah dalam sistem kasta Hindu. Anggota kasta ini diperlakuan secara rendah pula. 

India lebih dari 70 tahun lalu.....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement