Senin 11 Sep 2023 15:24 WIB

Rusia Bangun Beberapa Fasilitas Militer Baru Dekat Perbatasan Finlandia 

Rusia mendirikan tiga bangunan besar baru sekitar 50 km dari perbatasan Finlandia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Seorang petugas penjaga perbatasan Rusia memeriksa sebuah mobil di titik penyeberangan perbatasan Pelkola di Imatra, Finlandia tenggara, Jumat, 14 April 2023.
Foto: AP Photo/Sergei Grits
Seorang petugas penjaga perbatasan Rusia memeriksa sebuah mobil di titik penyeberangan perbatasan Pelkola di Imatra, Finlandia tenggara, Jumat, 14 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI – Rusia dilaporkan telah membangun fasilitas militer baru di dekat perbatasan Finlandia. Sejak April lalu, Finlandia diketahui telah resmi menjadi anggota ke-31 Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Lembaga penyiaran nasional Finlandia, Yle, dalam laporannya Senin (11/9/2023) mengungkapkan, Rusia telah mendirikan tiga bangunan besar baru di pangkalan militer Alakurtti, sekitar 50 kilometer dari perbatasan Finlandia. Pangkalan tersebut diketahui digunakan oleh Brigade Senapan Motor Arktik Rusia.

Baca Juga

“Rusia telah menempatkan sekitar 2.000 tentara di pangkalan Alakurtti. Namun, setidaknya sepertiga, bahkan setengah dari mereka telah dikirim untuk berperang di Ukraina. Garnisun ini adalah rumah bagi Brigade Senapan Motor Arktik Terpisah ke-80,” kata Yle dalam laporannya.

Yle memiliki gambar satelit yang menunjukkan bahwa Rusia telah membangun depot militer besar baru di Petrozavodsk yang terletak sekitar 175 kilometer dari perbatasan Finlandia. Mayor Marko Eklund yang telah pensiun dari dinas militer Finlandia mengatakan, depot tersebut bisa menampung sekitar 50 kendaraan lapis baja jika diparkir padat.

Namun, struktur bangunan di Petrozavodsk kemungkinan besar akan digunakan untuk pemeliharaan peralatan militer Rusia. Eklund mengatakan bahwa tugas terpenting depot Petrozavodsk saat ini adalah memperbarui dan mengirimkan peralatan untuk perang melawan Ukraina. Banyak tank pengangkut, kendaraan tempur, dan artileri disimpan di lokasi tersebut. Jumlahnya diperkirakan cukup untuk melengkapi setidaknya satu brigade bermotor yang terdiri dari 4.000 tentara.

Yle mengungkapkan, Rusia telah lama tidak melakukan pembangunan fasilitas militer baru di dekat perbatasan Finlandia. “Proyek konstruksi ini merupakan tanda nyata pertama bahwa Rusia kembali mulai berinvestasi di pangkalan militernya di dekat Finlandia setelah bertahun-tahun tidak melakukan pembangunan sama sekali,” katanya.

Rusia perkirakan Finlandia akan kerahkan pasukan di perbatasan setelah jadi anggota NATO...

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement