Jumat 15 Sep 2023 08:38 WIB

Fentanil dan Obat Stimulan Picu Angka Kematian Overdosis di AS Meningkat 50 Persen

Kematian akibat overdosis di AS melampaui 100.000 untuk pertama kalinya pada 2021.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Overdosis. Ilustrasi
Foto: oklahomawatch.org
Overdosis. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Para peneliti menyebut AS berada dalam pergolakan "gelombang keempat" dari krisis opioid dan kematian overdosis tertinggi. Ini sebuah fase yang ditandai dengan kematian akibat overdosis yang disebabkan oleh kombinasi obat stimulan dan fentanil opioid sintetis yang sangat kuat.

Kematian akibat overdosis di AS melampaui 100.000 untuk pertama kalinya pada tahun 2021, dipicu oleh peningkatan opioid sintetis, yang menyumbang 75 persen dari kematian tersebut. Setelah didorong oleh opioid resep dan kemudian heroin, krisis yang berlangsung selama beberapa dekade itu diliputi oleh opioid sintetis pada pertengahan 2010-an.

Baca Juga

Kini, AS menghadapi tantangan baru, yang disebut overdosis polisubstansi, yang mencakup lebih dari satu obat. Proporsi overdosis yang melibatkan fentanil dan obat stimulan, seperti yang paling sering kokain dan metamfetamin, telah meningkat lebih dari 50 kali lipat dari tahun 2010 hingga 2021, demikian hasil penelitian yang diterbitkan pada Kamis (14/9/2023) di jurnal Addiction.

"Akarnya benar-benar dimulai dengan pemberian resep opioid yang berlebihan, tetapi sekarang ini benar-benar ditandai dengan stimulan dan fentanil," kata Chelsea Shover, asisten profesor di David Geffen School of Medicine di UCLA, yang turut menulis penelitian ini seperti dilansir NBC.

Shover dan timnya melihat data sertifikat kematian dari semua kematian overdosis di AS dari tahun 2010 hingga 2021. Pada tahun 2010, lebih dari setengah persen kematian akibat overdosis fentanil, yaitu sebanyak 235 orang, melibatkan obat perangsang. Pada tahun 2021, hampir sepertiga dari semua kematian akibat overdosis fentanil, yang menimpa lebih dari 34.000 orang, melibatkan obat perangsang.

Obat stimulan apa yang dikombinasikan dengan fentanil berubah berdasarkan tempat tinggal orang, demikian hasil penelitian tersebut. Pada tahun 2021, hampir semua overdosis fentanil plus stimulan di Timur Laut melibatkan kokain. Di Barat dan sebagian besar Midwest, itu adalah metamfetamin.

Tren ini mulai terbentuk pada tahun 2015, ketika keterlibatan stimulan dalam overdosis fentanil mulai meningkat di hampir setiap negara bagian, memulai apa yang oleh para peneliti disebut sebagai "gelombang keempat epidemi opioid".

"Ini adalah target yang bergerak dalam arti bahwa profil obat atau kombinasi obat apa yang menyebabkan kematian paling banyak telah bergeser setiap beberapa tahun dalam beberapa tahun terakhir," kata Shover.

Sebagian dari overdosis fentanil-plus-stimulan mungkin disebabkan oleh fakta bahwa fentanil sekarang telah ditemukan, seringkali secara tidak terduga, di hampir setiap jenis obat terlarang lainnya.

Shover berpikir bahwa dalam sebagian besar kasus, penggunaan gabungan itu disengaja. Orang-orang telah lama menggabungkan stimulan dan opioid, menciptakan apa yang disebut speedballs kokain dan heroin atau goofballs metamfetamin dan heroin.

"Tapi sulit untuk mengatakannya dengan data, karena Anda tidak bisa mewawancarai data. Dan jarang sekali Anda memiliki zat yang sebenarnya yang dapat Anda uji," katanya.

Dalam penelitian tersebut, laporan otopsi untuk orang-orang yang kematiannya dikaitkan dengan overdosis polisubstansi mencatat sejumlah besar stimulan dan fentanil dalam sistem mereka, tetapi data tersebut tidak menunjukkan apakah obat tersebut dikonsumsi bersamaan atau pada waktu yang berbeda.

"Itu tidak membedakan antara seseorang yang menggunakan metamfetamin atau kokain di pagi hari dan fentanil di sore hari dan mereka yang menggunakannya bersamaan dan kemudian overdosis," kata Shover.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement