Rabu 20 Sep 2023 20:05 WIB

Sepuluh Orang Tewas Akibat Tornado di Cina

Dua tornado menghantam wilayah timur Cina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Badai tornado di Cina (ilustrasi)
Foto: EPA
Badai tornado di Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Media Pemerintah Cina melaporkan dua tornado di wilayah timur negara itu menewaskan 10 orang dan melukai empat orang lainnya. Dua tornado itu hanya berlangsung selama beberapa jam.

Pada Rabu (20/9/2023 stasiun televisi pemerintah, CCTV melaporkan tornado pertama menghantam beberapa bagian kota Suqian di provinsi Jiangsu pada Selasa (19/9/2023) sore. Tornado tersebut menghancurkan 137 rumah dan merusak lahan pertanian dan peternakan babi.

Baca Juga

Lima orang tewas dan empat lainnya luka-luka akibat bencana tersebut. Tornado kedua yang terjadi pada malam harinya menewaskan lima orang di Kota Yancheng, yang terletak di provinsi yang sama, sekitar 190 kilometer di sebelah tenggara Suqian.

Video yang diunggah di internet menunjukkan tornado mengguncang mobil-mobil, termasuk setidaknya satu mobil terbalik dan puing-puing yang berputar-putar di udara di atas sebuah gedung setinggi beberapa lantai.

CCTV mengatakan listrik dan lalu lintas jalan di daerah Suqian sudah pulih.

Tornado jarang terjadi di Cina, namun dalam beberapa tahun terakhir bencana tersebut menelan korban jiwa di Jiangsu. Satu orang di provinsi itu tewas akibat tornado tahun lalu dan empat orang tewas pada 2021. Tornado lainnya menewaskan delapan orang di kota Wuhan pada hari yang sama. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement