Kamis 12 Oct 2023 08:23 WIB

Gagal Bendung Roket Hamas, Layakkah Iron Dome Dipertahankan Israel?

Israel diyakini memiliki 10 sistem Iron Dome.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Serangan balasan Iron Dome di Ashdod menyusul peluncuran roket dari Gaza, 07 Oktober 2023.
Foto:

 

Jalur Gaza adalah wilayah kecil yang berbatasan dengan Israel dan Mesir di Laut Mediterania. Gaza adalah salah satu dari dua wilayah Palestina.  Wilayah lainnya adalah wilayah pendudukan Tepi Barat yang meliputi Yerusalem Timur dan berbatasan dengan Yordania dan Laut Mati. 

Jalur Gaza adalah wilayah sepanjang 41 kilometer dan lebar 10 kilometer antara Israel, Mesir, dan Laut Mediterania dengan luas sekitar 325 kilometer persegi. Gaza adalah rumah bagi sekitar 2,3 juta orang dan memiliki salah satu kepadatan penduduk tertinggi di dunia.

Mantan direktur jenderal Kementerian Pertahanan Israel, Dan Harel mengatakan, dia belum pernah melihat keamanan nasional Israel porak-poranda.  “Saya belum pernah melihat keamanan nasional kita berada dalam kondisi yang lebih buruk, dan telah terjadi kerusakan pada unit cadangan formasi penting Pasukan Pertahanan Israel, yang telah mengurangi kesiapan dan kemampuan operasional," ujar Harel.

Israel tidak mengetahui persiapan serangan Hamas. Israel diyakini telah memasang penyadap di Jalur Gaza untuk mengawasi pergerakan Hamas. Namun sepertinya Hamas mengembangkan sistem koordinasi dan komunikasi yang mengecualikan kontak elektronik, dan berhasil menyembunyikan rencana serangannya dari intelijen Israel.

Sebelum serangan terhadap pos pemeriksaan pada 7 Oktober, Hamas mengerahkan MLRS, pasukan darat, paralayang, dan peralatan lainnya.  Persiapan serangan Hamas luput dari perhatian Israel, dan serangan pendahuluan Israel gagal dilancarkan.

Ketika Hamas menyerang, sistem alarm di perbatasan tidak berfungsi, dan sistem elektronik di perbatasan menjadi tidak berguna. Banyaknya kamera dan sensor juga tidak membantu mendeteksi dan menghentikan serangan Hamas. 

Drone Palestina mampu dengan mudah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement