Kamis 12 Oct 2023 08:23 WIB

Gagal Bendung Roket Hamas, Layakkah Iron Dome Dipertahankan Israel?

Israel diyakini memiliki 10 sistem Iron Dome.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Serangan balasan Iron Dome di Ashdod menyusul peluncuran roket dari Gaza, 07 Oktober 2023.
Foto:

 

Drone Palestina mampu dengan mudah mengenai senapan mesin otomatis dan menara sensor. Tim penyerang Hamas meledakkan pagar dan melintasi perbatasan. Akibat kegagalan alarm, ratusan tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tewas di kamp saat tidur.

Taktik Hamas bertentangan dengan anggapan pada umumnya bahwa, Hamas tidak mampu melewati benteng dan pangkalan IDF.  Mereka secara agresif menyerbu pos pemeriksaan dan pangkalan tempat kendaraan lapis baja.

Tank Merkava Mk 4 Israel hancur,  Rekaman video menunjukkan bahwa senjata kendaraan ditutupi.  Hal ini menunjukkan bahwa Israel tidak siap untuk berperang.

Serangan mendadak Hamas ini telah mengalihkan fokus dari Perang Ukraina ke isu Israel-Palestina.  Dampak geo-politik dari perang ini akan bersifat global dan tidak hanya terbatas pada Israel dan warga Palestina di Gaza.  Ini akan menyebar ke Ukraina, Arab Saudi, Lebanon, Iran dan banyak lagi. 

Perang Israel-Hamas yang berkepanjangan dapat mengalihkan peralatan militer AS yang dibutuhkan Ukraina ke Israel. Hal ini juga akan membuat usulan kesepakatan normalisasi Saudi-Israel menjadi mustahil untuk terwujud. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement