Selasa 05 Dec 2023 18:56 WIB

Jepang tak Siap Hadapi Potensi Krisis Pengungsi dari Taiwan?

Jepang tak memiliki rencana kemanusiaan untuk para pengungsi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bendera Jepang
Foto:

Salah satu warga Yonaguni, Satoshi Nagahama, 33, terkejut ketika mengetahui pemerintah tidak memiliki rencana kemanusiaan untuk para pengungsi.

"Saya rasa kami tidak dapat menangani semua pengungsi. Pemerintah harus membawa mereka ke tempat lain," katanya di pelabuhan terdekat pulau itu dengan Taiwan, di mana ia mengangkut ikan marlin biru dari kapal nelayan dan mengemasnya dalam es.

Pusat komunitas yang menampung para pengungsi Vietnam pada tahun 1970-an sudah ditutup selama satu dekade. Dinding betonnya ambruk dan ditutupi dengan kelambu hijau.

Tanpa bantuan pemerintah, beberapa penduduk mengatakan krisis pengungsi menjadi tanggung jawab dua orang polisi atau pejabat balai kota, termasuk Koji Sugama, seorang mantan tentara yang berusia 65 tahun.

Pada bulan April lalu dipekerjakan untuk meningkatkan penanggulangan bencana.  Salah satu tugasnya adalah membeli pasokan darurat untuk warga, termasuk air minum dan makanan siap saji yang dikemas ke dalam tiga kontainer baja yang tersebar di seluruh pulau.

"Ini cukup untuk satu, mungkin dua hari, tidak cukup untuk dibagikan," katanya sambil berdiri di dalam salah satu kontainer.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement