Rabu 03 Jan 2024 22:11 WIB

Pihak Berwenang Jepang Rilis Transkrip Tabrakan Pesawat

Media Jepang menyebut ada kemungkinan kelalaian manusia dalam kecelakaan pesawat.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Petugas melakukan pemadaman api pesawat Japan Airlines yang terbakar di landasan pacu bandara Haneda, Tokyo, Jepang, Selasa (2/1/2024). Pesawat penumpang Japan Airlines bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai Jepang dan terbakar di landasan Bandara Haneda Tokyo. Seluruh penumpang dan awak pesawat Japan Airlines yang berjumlah 379 orang berhasil keluar dan menyelamatkan diri ketika api mulai melahap pesawat tersebut.
Foto:

"Sangat jarang terjadi kecelakaan pesawat disebabkan satu masalah, jadi saya pikir kali ini juga ada dua atau tiga masalah yang menyebabkan kecelakaan," tambahnya.

Dalam pernyataannya, JAL mengatakan, pesawatnya mengenali dan mengulangi izin pendaratan dari menara pengawas udara sebelum mendarat.

Maskapai tersebut mengatakan seluruh penumpang dan awak pesawat dievakuasi dalam waktu 20 menit setelah kecelakaan, tapi pesawat yang dilalap api terbakar selama lebih dari enam jam.

Pesawat Penjaga Pantai, salah satu dari enam pesawat yang berbasis di bandara tersebut, dijadwalkan mengirimkan bantuan ke daerah-daerah yang dilanda gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter yang menewaskan 64 orang. Pemerintah mengatakan kecelakaan tersebut memaksa 137 penerbangan domestik dan empat penerbangan internasional dibatalkan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement