Ahad 07 Apr 2024 07:04 WIB

Hari Ini Delegasi Hamas ke Kairo untuk Rundingkan Gencatan Senjata

Perundingan gencatan senjata mandek akibat Israel tolak warga kembali ke Gaza.

 Pengungsi Palestina melaksanakan sholat Jumat di dekat reruntuhan masjid yang hancur akibat serangan Israel di Rafah, selatan Jalur Gaza, 5 April 2024. Mesir jembatani perundingan gencatan senjata.
Foto:

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023. Serangan Hamas disebut telah menewaskan hampir 1.200 orang Israel.

Israel mengeklaim ada 240 warganya yang disandera. Melakukan serangan balasan, Israel memerintahkan blokade total terhadap Gaza, dan memulai serangan darat ke daerah kantong Palestina itu dengan dalih untuk melenyapkan para pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera.

Blokade yang dilakukan Israel telah melumpuhkan Jalur Gaza. Hal itu menyebabkan penduduk Gaza, terutama penduduk di Gaza utara, di ambang kelaparan.

photo
Bagaimana AS TErlibat Genosida di Gaza? - (Republika)

Serangan Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. Sementara itu, 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Lebih dari 33.100 rakyat Palestina telah syahid sejauh ini akibat serangan Israel di Jalur Gaza, menurut otoritas setempat. Sementara itu, Israel meyakini lebih dari 100 sandera masih ditahan oleh Hamas di Gaza.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ). Pada Kamis (28/3/2024), Mahkamah Internasional meminta Israel berbuat lebih banyak untuk mencegah kelaparan di Gaza.

sumber : Antara, Sputnik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement