Selasa 16 Apr 2024 12:42 WIB

Serangkaian Serangan Israel ke Iran, dari Bom Hingga Virus

Virus Stuxnet ditemukan di komputer-komputer yang berada di pembangkit nuklir Iran.

Warga Iran merayakan serangan drone Iran terhadap Israel di depan kedutaan Inggris di Teheran, Iran, Ahad (14/4/2024).
Foto:

April 2012: Iran menyalahkan AS dan Israel atas malware yang disebut Wiper, yang menghapus hard drives komputer milik Kementerian Perminyakan dan National Iranian Oil Company.

Mei 2012: Iran mengumumkan adanya virus Flame yang digunakan untuk mencuri data dari komputer pemerintah. The Washington Post melaporkan, Israel dan AS biasa menggunakannya untuk mengumpulkan data intelijen. 

Moshe Yaalon yang kemudian menjabat wakil perdana menteri tak mengonfirmasi keterlibatan Israel dalam kasus ini tetapi mengakui Israel akan menggunakan berbagai cara untuk merusak sistem nuklir Iran. 

Oktober 2018: Pemerintah Iran menyatakan telah memblokir invasi gerenasi baru virus Stuxnet.

Mei 2020: Serangan siber berdampak pada komputer yang mengendalikan lalu lintas maritime di Pelabuhan Shahid Rajaee, Iran selatan. Ini menyebabkan kapal-kapal mengantre panjang. The Washington Post mengutip sejumlah pejabat AS bahwa Israel dalang serangan ini, meski Israel tak mengakuinya. 

 

Penyergapan dan Serangan Drone Israel

Januari 2018: Agen-agen Mossad menyergap fasilitas keamanan di Teheran, mencuri arsip-arsip rahasia mengenai nuklir Iran. Pada April 2018, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengungkapkan 100 ribu file rahasia yang membuktikan Iran memiliki program senjata nuklir. 

Februari 2022: Mantan perdana menteri Israel Naftali Bennett mengakui dalam opini yang diterbitkan The Wall Street Journal pada Desember 2023 bahwa Israel menyerang drone Iran dan membunuh komandan senior Garda Revolusi pada tahun sebelumnya. 

Mei 2022: Drone-drone kamikaze menargetkan kompleks militer Parchin yang berada di tenggara Teheran. Serangan ini menewaskan seorang insinyur dan menghancurkan sebuah bangunan berisi drone-drone yang dikembangkan Kementerian Pertahanan Iran. 

Januari 2023: Sejumlah drone bunuh diri dikerahkan menyerang fasilitas militer Iran di Isfahan tetapi berhasil ditepis dan tak menyebabkan kerusakan apapun. Dubes Iran untu PBB Amir Saeid Iravani menyatakan penyelidikan mengungkapkan Israel bertanggung jawab atas serangan ini. 

Februari 2024: Jaringan pipa gas di Iran diserang. Menteri Perminyakan Iran Javad Owji menuding ledakan itu merupakan hasil tindakan Israel.

 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement