Selasa 06 Jul 2010 08:07 WIB

Tokoh Yahudi Kecam Penyalahgunaan Isu Holocaust

Red: irf
Stephan Kramer
Foto: irna
Stephan Kramer

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN--Penentangan terhadap penjajahan Israel atas tanah Palestina tak hanya mengundang protes dari dunia Islam. Kalangan Yahudi di Jerman pun melontarkan kritik pedas atas penjajahan itu. Mereka menganggap Israel telah memelintir isu holocaust (cerita tentang pembantaian Yahudi oleh Hitler) untuk kepentingan politik.

Sekretaris Jenderal Dewan Pusat Yahudi, Stephan Kramer, seperti dikutip koran Berlin, Tageszeitung, mengungkapkan bahwa eksploitasi isu holocaust oleh Israel telah banyak merugikan warga Palestina. "Padahal, yang salah dalam holocaust adalah bukan warga Palestina," ujar dia. Karena itu, kata dia, tidak selayaknya warga Palestina menderita akibat ulah Israel.

Pernyataan Kramer ini memang membuat kuping para pemimpin Israel menjadi panas. Namun para aktivis anti-zionis sangat mendukung pernyataan tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa warga Palestina menjadi sangat menderita akibat Israel. Warga Palestina harus terusir karena Israel menduduki dan merampas tanahnya.

Tokoh lain kelompok Yahudi Jerman, Evelyn Hetch-Galinski pun mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, Jerman tidak selayaknya berdiam diri melihat kekejian Israel di wilayah Palestina.

sumber : irna
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement