Selasa 04 Aug 2015 07:03 WIB

Minuman Olahraga Buruk Bagi Kesehatan Mulut

ADA mengatakan minuman olahraga bisa mengandung enam sampai delapan sendok teh gula.
Foto: Australian Dental Association
ADA mengatakan minuman olahraga bisa mengandung enam sampai delapan sendok teh gula.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Para dokter gigi di Australia memperingatkan tingginya jumlah gula dan asam dalam berbagai minuman olahraga (sport drinks) buruk bagi kesehatan mulut penggunanya.

Ketua komite Australian Dental Association (ADA) Peter Alldritt mengatakan para atlet atau pengguna lainnya lebih baik minum air putih untuk menghindari rusaknya gigi dan gusi.

"Orang kadang berpikir minuman olahraga ini lebih sehat dibandingkan minuman ringan (soft drink)." katanya.

"Namun minuman itu bisa mengandung enam sampai delapan sendok teh gula dalam satu kemasan, yang sebenarnya tidak berbeda jauh dari minuman ringan."

Survei yang dilakukan oleh ADA terhadap sekitar 1.200 warga Australia menunjukkan  50 persen warga dewasa dan 30 persen anak-anak minum minuman olahraga ini setiap pekan dan tidak sadar bahayanya bagi kesehatan mulut.

Alldritt mengatakan yang juga mengkhawatirkan adalah di antara mereka yang sudah mengerti 'bahaya' minuman olahraga ini masih terus mengkonsumsi minuman tersebut.

Dia mengatakan semakin banyak warga Australia yang mengalami masalah dengan gigi mereka. Di Australia, 50 persen anak-anak, dan 30 persen orang dewasa memiliki masalah gigi yang tidak ditangani dengan baik.

Fisiologi olahraga Robert Skeat mengatakan walau minuman olahraga bisa mengembalikan keseimbangan kimia di dalam tubuh, air putih adalah hal terbaik.

"Tingginya sodium dalam minuman ini membuat anda semakin haus dan gula di dalamnya membuat anda semakin ingin meminumnya. Karena sering dijual di gym atau di klub kesehatan, orang berpikir bahwa mungkin itu memang baik." kata Skeat.

Pekan ini adalah Pekan Kesehatan Gigi di Australia dengan fokus pada kesehatan mulut bagi warga Australia yang aktif berkegiatan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-08-03/jenis-minuman-olahraga-buruk-bagi-kesehatan-mulut/1476450
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement