Advertisement
Jumat 20 Jan 2017 12:29 WIB

Mobil Tabraki Pejalan Kaki di Melbourne, Tiga Tewas

Bourke Street, salah satu jalanan utama kota Melbourne ditutup setelah mobil menabraki sejumlah pejalan kaki.
Foto: ABC
Bourke Street, salah satu jalanan utama kota Melbourne ditutup setelah mobil menabraki sejumlah pejalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Tiga orang tewas dan seorang pria telah ditangkap, berkaitan dengan insiden sebuah mobil yang menabrak beberapa pejalan kaki di dua jalanan utama, pusat kota Melbourne, yakni Bourke St dan Queen St.

Hingga pukul 15.40 sore, Kepolisian Victoria telah mengonfirmasi jumlah orang yang tewas akibat insiden adalah tiga orang. Pejabat sementara Commander Victoria Police, Stuart Bateson mengatakan pria yang ditangkap memiliki kaitan dengan kasus penusukan yang terjadi sebelumnya di Melbourne selatan.

"Kami telah menahan pelaku. Tidak ada ancaman susulan bagi warga kota Melbourne. Kami percaya pria ini sempat mengepot berputar-putar di Flinders Street dan Swanston Street, belok kiri ke Bournke Street Mall dan dengan sengaja melajukan mobilnya ke kerumunan orang-orang, dan melanjutkan ke trotoar dan menabrak pejalan kaki."

Acting Commander Bateson menegaskan jika insiden ini tidak ada kaitannya dengan terorisme. Ia meminta warga untuk menghindari pusat kota pada sore dan malam hari.

"Akan membutuhkan proses yang lama bagi kami. Prioritas kami saat ini adalah mereka yang terluka yang perlu kita berikan perhatian. Kami meminta warga yang menyaksikan kejadian, jika mereka mereka meninggalkan kota, untuk menceritakan detailnya kepada Crime Stoppers," katanya.

Ambulance Victoria mengatakan paramedik menangani 20 orang setelah insiden, dan sejumlah lainnya mengalami luka berat.

"Pada tahap awal ini, diyakini seorang pria yang mengendarai kendaraan telah menabrak sejumlah pejalan kaki di sekitar Bourke St dan Queens St, sebelum pukul 2 siang, Jumat (20/1)," ujar juru bicara Kepolisian Victoria.

Seorang juru bicara dari Ambulance Victoria mengkonfirmasi beberapa orang ditabrak sekitar pukul 13.30 siang.

Polisi Victoria mengatakan sejumlah orang terluka dalam insiden itu. "Seperti apa pastinya insiden ini masih kami usut dan kami akan memberikan informasi lebih lanjut saat sudah diketahui," ujar juru bicara kepolisian.

Setidaknya empat orang ditangani oleh paramedia di sudut jalan antara Bourke St dan Queen St. Seorang saksi mengatakan mereka melihat sebuah mobil mengepot, sebelum melajukan ke trotoar.

Sejumlah postingan di jejaring sosial menunjukkan polisi berada di kawasan kejadian. Ada pula laporan warga yang mendengar suara tembakan

Polisi mengatakan akses pejalan kaki di sepanjang Bourke Street antara Williams Street dan Swanston Street telah ditutup sementara, di saat polisi melakukan operasi. Warga telah diminta untuk menghindari kawasan-kawasan tersebut.

Diterbitkan Erwin Renaldi pada 20/01/2017 pukul 14:40 AEST. Terakhir diperbaharui 15:46 AEST.

Artikel ini diambil dari laporan berbahasa Inggris, yang bisa dibaca di sini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/insiden-bourke-st-melbourne/8198108
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement