Kamis , 12 Oktober 2017, 18:50 WIB

Aturan Asuransi Kesehatan Swasta Australia Alami Perombakan

Rep: EKSKLUSIF -  Andrew Probyn/ Red:
abc news
abc news

Generasi muda Australia menjadi sasaran perombakan terbesar aturan asuransi kesehatan swasta selama beberapa dekade. Mereka nantinya bisa mendapatkan diskon premi asuransi dan fokus utamanya pada masalah kesehatan mental.

ABC bisa mengungkapkan bahwa Pemerintah Federal kini sedang merencanakan serangkaian langkah transparansi dan keterjangkauan demi mengurangi harga premi asuransi kesehatan, yang telah meningkat rata-rata 5,6 persen pertahun sejak 2010.

Inti dari strategi ini nantinya akan mendorong lebih banyak anak muda membeli asuransi kesehatan swasta, dengan diskon hingga 10 persen untuk usia di bawah 30 tahun. Selain itu juga untuk mendorong masalah kesehatan mental masuk dalam standar penjaminan.

Rencana ini juga dimaksudkan melakukan penghematan minimal 300 juta dolar Australia per tahun dengan mewajibkan diskon untuk biaya operasi termasuk operasi penggantian pinggul dan alat pacu jantung.

Diketahui bahwa penghematan ini merupakan hasil pembicaraan antara pemerintah dan pemasok peralatan medis.

Diskon untuk generasi muda

Untuk menarik perhatian anak muda membeli premi asuransi kesehatan, akan ditawarkan diskon 2 persen pertahun untuk maksimal lima tahun bagi mereka yang berusia antara 19 dan 29 tahun.

Sebagai contoh, remaja 19 tahun yang membeli asuransi kesehatan akan ditawarkan diskon 2 persen untuk premi mereka, menjadi diskon 10 persen pada saat mereka berusia 24 tahun. Tarif diskon itu akan tetap sama sampai mereka berusia 40, setelah itu akan dihapuskan.

Disebutkan bahwa menjadikan lebih banyak generasi muda ikut asuransi kesehatan swasta begitu penting untuk menjaga sektor ini tetap berkelanjutan dalam masyarakat dengan populasi yang menua.

Manfaat kesehatan mental

Perubahan aturan asuransi kesehatan swasta akan fokus lebih besar pada kesehatan mental. Saat ini banyak asuransi yang kurang memberikan penjaminan bagi kesehatan mental.

ABC mendapatkan informasi bahwa pasien dengan asuransi pribadi yang memasuki rumah sakit dengan penyakit kejiwaan akan langsung ditawari menambah penjaminan mereka yang sepenuhnya mencakup kesehatan mental, tanpa masa tunggu.

Beberapa asusransi berbiaya rendah menarik pembayaran bersama hingga 1.000 dolar Australia per hari (Rp 10 juta) untuk kesehatan mental. Statistik industri asuransi terbaru menunjukkan penyakit kejiwaan kini telah melampaui persalinan non-caesar sebagai penyebab utama rawat inap bagi wanita berusia di bawah 30 tahun.

Bagi pria berusia di bawah 30 tahun, penyakit kejiwaan masuk tiga penyebab utama rawat inap, setelah masalah gigi dan cedera olahraga. Sekitar 90 persen rawat inap harian kesehatan mental dan 50 persen dari keseluruhan rawat inap pasien kesehatan mental saat ini dibayar melalui asuransi kesehatan swasta.

Rating baru

Produk asuransi kesehatan akan dikategorikan ke dalam empat tingkatan - Gold, Silver, Bronze dan Basic - untuk membantu konsumen memahami jenis layanan yang mereka beli. Pemerintah yakin kategori baru ini akan membantu warga Australia membandingkan produk asuransi kesehatan swasta dan membanding-bandingkan untuk produk yang lebih baik.

ABC mendapatkan informasi bahwa pemerintah menolak tekanan untuk menghapuskan asuransi murah, yang dianggap sebagai "asuransi sampah" oleh kelompok konsumen, karena masalah biaya yang harus dikeluarkan bagi premi asuransi lainnya.

Modelling oleh Komite Penasehat Menteri urusan Asuransi Kesehatan Swasta menunjukkan bahwa penghapusan kategori "basic" akan meningkatkan premi antara 15 dan 21 persen dan mengakibatkan lebih dari 100 ribu orang menghentikan penjaminan mereka.

Wajibkan pemotongan biaya

Untuk menurunkan biaya asuransi kesehatan swasta, Pemerintah akan mengatur pengurangan atas beberapa penjaminan dan operasi penyakit tertentu. Hal ini mencakup perangkat jantung seperti alat pacu jantung dan defibrillator implan serta implan ortopedi seperti pinggul dan lutut.

Beberapa layanan ini lima kali lipat lebih mahal dibandingkan biaya pasar, didorong oleh terjadinya suap perusahaan asuransi kepada dokter dan rumah sakit swasta.

ABC mengetahui bahwa pemerintah berencana mendapatkan penghematan sekitar $ 300 juta pertahun melalui tindakan tersebut, mulai tahun depan. Dana tersebut kemudian dikembalikan untuk menutupi premi bagi pelanggan.

Australian Prudential Regulation Authority akan ditugaskan guna memastikan setiap dolar setara dengan kenaikan premi pada tahun 2018. Kenaikan premi tahunan sebesar 5-6 persen pada April mendatang, seperti yang telah terjadi selama beberapa tahun, rencananya akan dipertahankan menjadi 3 persen.

Meningkatkan pengawasan

Peran Ombudsman Asuransi Kesehatan Swasta (PIHO) akan diperluas dan diperkuat, sehingga memungkinkan melakukan inspeksi dan audit untuk memastikan perusahaan swasta memenuhi kewajiban mereka.

Enam penyidik PHIO akan fokus menangani keluhan konsumen tentang perawatan kesehatan swasta dan rumah sakit swasta, termasuk prostesis. Asuransi kesehatan saat ini secara sukarela menyerahkan catatan ke PHIO untuk kepentingan penyelidikan.

Kewenangan investigasi yang diperkuat akan memungkinkan PHIO nantinya mengakses catatan telepon, surat dan email dari perusahaan tersebut.

Diterbitkan oleh Farid M Ibrahim dari artikel ABC News di sini.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/pemerintah-australia-bongkar-sistem-asuransi-kesehatan-swasta/9044338

Berita Terkait