Sabtu 16 Jun 2012 06:58 WIB

Pemilu di Yunani, Harga Minyak Naik Tipis

Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)
Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK---Harga minyak dunia naik tipis pada Jumat (Sabtu pagi WIB), di sebuah pasar yang hati-hati, dua hari menjelang pemilihan umum Yunani yang dapat menyebabkan negara itu keluar dari zona euro.

Minyak mentah mendapat dukungan setelah OPEC mempertahankan pagu kuota produksinya tidak berubah pada pertemuan tingkat menteri Kamis, sesuai perkiraan, kata analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juli, naik tipis 12 sen menjadi ditutup pada 84,03 dolar AS per barel.

Di transaksi London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Agustus menetap di 97,61 dolar AS per barel, naik 44 sen dari penutupan Kamis.

"Pasar benar-benar datar saat kami datang ke akhir pekan yang liar dan tak jelas ini," kata Ilczyszyn Kaya di iiTrader.com, mengacu pada perdagangan New York.

Pemilu pada Minggu di Yunani digelar setelah pemilu 6 Mei tidak ada partai yang berhasil membentuk pemerintahan koalisi.

Dalam perlombaan ketat menurut jajak pendapat, semua kandidat sekarang menyerukan untuk berbagai tingkat negosiasi ulang dari kesepakatan dana talangan (bailout) Uni Eropa-Dana Moneter Internasional, meskipun diperingatkan bahwa Yunani harus patuh atau meninggalkan euro.

Rumor yang beredar di pasar bahwa jika partai sayap kiri anti-penghematan memenangkan suara, cenderung mendorong Yunani keluar dari zona euro, bank sentral akan mengambil tindakan terkoordinasi untuk menjamin likuiditas di pasar global.

"Kasus terburuk akan menjadi yang lebih baik dalam jangka pendek untuk pasar minyak karena kita tahu bank sentral akan bertindak," kata Ilczyszyn.

Harga minyak juga didorong oleh harapan bahwa Federal Reserve AS akan melangkah dengan langkah-langkah stimulus tambahan untuk meningkatkan perekonomian yang lesu, yang merupakan konsumen minyak terbesar di dunia. The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan dua hari yang berakhir pada Rabu pekan depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement