Sabtu 23 Nov 2013 14:57 WIB

Menlu Cina Terbang ke Jenewa untuk Perundingan Iran

Menlu cina, Wang Yi.
Foto: IST
Menlu cina, Wang Yi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada hari Sabtu (23/11)  bertolak ke Cina untuk bergabung dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. John Kerry serta para menlu lainnya yang akan melakukan perundingan menyangkut program nuklir Iran, kata pemerintah.

"Menteri Wang Yi meninggalkan Beijing pagi tadi ke Jenewa untuk mengambil bagian dalam perundingan nuklir Iran," kata kementerian luar negeri dalam situsnya, sebagaimana dilaporkan AFP.

"Pembahasan nuklir masuk ke tahap final," tambahnya.

Sebelumnya, Menlu Kerry mengambil keputusan pada menit-menit terakhir untuk terbang ke ibu kota negara Swiss itu untuk membantu menjembatani kesenjangan yang berlangsung sejak hari Rabu.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius dan Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle serta Menlu Inggris William Hague juga mengumumkan kehadiran mereka untuk pertemuan Jenewa. Adapun Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, sudah berada di kota itu sejak hari Jumat.

Para diplomat dari kelompok negara-negara P5+1 (yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia dan China ditambah Jerman) telah berupaya sekali lagi pekan ini untuk mencapai kesepakatan sementara tentang program atom Teheran, setelah gagalnya upaya-upaya yang dilakukan selama satu dekade terakhir.

Putaran ketiga perundingan sejak terpilihnya Hassan Rouhani sebagai presiden Iran pada bulan Juni lalu dianggap sebagai harapan terbesar yang muncul dalam beberapa tahun terakhir untuk menangani sengketa menyangkut program nuklir Iran.

Kekuatan-kekuatan Barat ingin Iran menghentikan program nuklirnya namun Teheran bersikeras program itu dijalankan hanya untuk tujuan damai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement