Sabtu 20 Dec 2014 08:36 WIB

Turki Perintahkan Tangkap Ulama Muslim AS, Fethullah Gulen

Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.
Foto: Reuters
Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan ulama Muslim yang berbasis di Amerika Serikat, Fethullah Gulen. Alasannya, ulama tersebut dituding Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan berusaha menggulingkan pemerintahannya. Hal tersebut diungkapkan oleh penyiar negara TRT Haber pada Jumat (19/12). 

Gulen, yang telah tinggal di pengasingan di Pennsylvania sejak tahun 1999, telah terlibat konflik terbuka dengan Erdogan sejak kasus korupsi yang melibatkan perdana menteri tahun lalu. 

Erdogan menyalahkan penyelidikan pada Gulen, tetapi ulama tersebut membantah terlibat.

Laporan tersebut belum dapat dikonfirmasi segera tetapi jika langkah seperti itu diambil, hal tersebut merupakan tindakan Erdogan paling tegas terhadap Gulen.

Pengadilan-pengadilan Turki telah menggugurkan kasus-kasus korupsi yang dituduhkan pada Erdogan. Ia pun telah 'menggeser' aparat-aparat yang disangka menjadi pendukung Gulen dengan mencopot jabatannya, mulai dari polisi, ratusan hakim serta jaksa. 

Erdogan mengatakan pada April mendatang ia akan meminta Amerika Serikat untuk mengekstradisi Gulen. Tetapi langkah itu hanya dapat diambil setelah ada perintah penangkapan dikeluarkan dan ada bukti kejahatan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement