Sabtu 28 Mar 2015 20:29 WIB

Jelang Pemilu, Warga Kristen Nigeria Dukung Capres Muslim

Rep: C05/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Calon Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari
Foto: bellanaija.com
Calon Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari

REPUBLIKA.CO.ID, NIGERIA--Para pemeluk Kristen di Nigeria menyatakan dukungannya pada calon presiden Muslim Muhammadu Buhari. Mereka kecewa pada calon presiden incumbent, Goodluck Jonathan yang gagal dalam memimpin negara.

Di bawah pemerintahannya, Boko Haram gagal dibasmi dan juga masalah ekonomi membuat Nigeria semakin terpuruk."Para uskup melihat dia sebagai orang yang memiliki integritas dan kesopanan yang bisa memerangi korupsi dan Boko Haram," Pendeta John Bakeni, sekretaris Maiduguri Katolik Roma Keuskupan, mengatakan kepada Washington Post.

Khawatir penyebaran korupsi dan kelompok militan, dikutip dari OnIslam.net, banyak warga Kristen Nigeria mengatakan mereka tidak akan memilih Jonathan dalam pemilu mendatang. Buhari juga didukung oleh Pemimpin Kristen Utara Eagle Eye Forum, Februari lalu. Warga Kristen di sana yakin para uskup Katolik Roma bangsa juga  mendukung Buhari.

Buhari, seorang Muslim dari utara dan calon presiden mewakili partai All Progresif Kongres, menantang kepemimpinan incumbent Presiden Jonathan, yang memimpin Partai Rakyat Demokratik yang berkuasa.

Dukungan Buhari bahkan tumbuh di antara komunitas Kristen setelah menggandeng Yemi Osinbajo, seorang pendeta senior dan mantan jaksa agung negara bagian Lagos, sebagai calon wakil presiden. Pemilihan umum Nigeria 2015 akan menjadi pemilu empat tahunan ke-5 yang akan diselenggarakan sejak berakhirnya kekuasaan militer pada tahun 1999.

Menjelang pemilu, pemimpin Muslim Nigeria telah menegaskan panggilan untuk persatuan dan perdamaian saat pemilu. Ini di tengah meningkatnya ancaman dari militan Boko Haram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement