Rabu 18 Nov 2015 10:11 WIB
Serangan teror Paris

Dalai Lama: Jangan Berdoa untuk Paris

Pemimpin spiritual Dalai Lama.
Foto: Ora TV
Pemimpin spiritual Dalai Lama.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama menawarkan nasihat yang tidak biasa untuk menghadapi serangan teroris di Paris pada Jumat (13/11) malam WIB. Dia menyatakan, jangan berdoa untuk Paris, bekerjalah untuk perdamaian, begitu laporan sebuah perusahaan penyiaran Jerman, Deutsche Welle.

"Kita tidak bisa memecahkan masalah ini hanya melalui doa," kata pemimpin spiritual Buddha tersebut, dilansir dari Raw Story.

"Saya seorang Buddhis dan saya percaya berdoa. Namun, manusia telah menciptakan masalah ini dan sekarang kita meminta Tuhan untuk mengatasinya. Hal ini tidak logis. Tuhan akan berkata, memecahkan sendiri (masalah itu) karena Anda menciptakannya di tempat pertama. "

Dalai Lama menambahkan, harapannya bahwa kekerasan berdarah pada abad ke-20 tidak terus berlanjut hingga masa sekarang.

"Kami membutuhkan pendekatan sistematis untuk menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, kesatuan, dan harmoni," katanya. (Baca: Hina Muslim Terkait Serangan Paris, Pemilik Salon Ditangkap)

"Jika kita mulai melakukannya sekarang, ada harapan bahwa abad ini akan berbeda dari yang sebelumnya. Ini adalah kepentingan semua orang. Jadi, mari kita bekerja untuk perdamaian dalam keluarga dan masyarakat kita dan tidak mengharapkan bantuan dari Tuhan, Buddha, atau pemerintah. "

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement