Ahad 01 May 2016 11:12 WIB

Putin Pecat Sejumlah Pejabat Penegak Hukum Tingkat Tinggi

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini
Presiden Rusia, Vladimir Putin
Foto: Reuters
Presiden Rusia, Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin memecat beberapa pejabat penegak hukum tingkat tinggi, Sabtu (30/4). Ini menjadi salah satu perombakan struktur kekuasaan terbesar di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut keputusan yang ditampilkan dalam situs hukum resmi presiden, Putin mengangkat jaksa penuntut umum transportasi publik Southern Seregei Dmitriev, kepala Lyanan Penjara Federal di Moskow Igor Klimenov, dan Wakil Menteri Dalam Negeri dari wilayah aneksasi Krimea Dmitry Neklyudov.

Putin juga memberhentikan, antara lain dua wakil dari Komite Investigasi Rusia, Yuri Nyrkov, dan Vasily Piskarev. Dia mengangkat pangkat penyidik ​​Komite untuk kasus-kasus khusus, Lev Gura ke penyidik ​​senior.

Gura mengambil jabatan Mayor Jenderal Igor Krasnov, yang diangkat sebagai wakil dari Komite Investigasi.

Krasnov menghabiskan satu dekade terakhir menyelidiki beberapa pembunuhan terbesar di Rusia dan upaya pembunuhan. Ia juga dikenal dengan prestasinya pada kasus ultranasionalis Rusia. Setahun lalu, Krasnov ditunjuk sebagai kepala penyelidk dalam kematian pemimpin oposisi Boris Nemstov yang meninggal Februari 2015 lalu.

Tidak ada alasan yang diberikan dalam keputusan Putin untuk perubahan personil di lembaga federal. Keputusan presiden ini juga termasuk beberapa pemecatan dan pengangkatan di lembaga penegak hukum daerah.

Dalam keputusan tersendiri, seperti yang diperkirakan, Putin menetapkan mantan Menteri Keuangan Alexei Kurdin, sebagai wakil ketua Dewan Ekonomi Presiden.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement