Sabtu 23 Jul 2016 08:59 WIB

'Saya Orang Jerman', Teriak Pelaku Penembakan Muenchen

Pelaku penembakan di restoran McDonald dekat mal Olympia-Einkaufszentrum, Muenchen, Jerman, pada Jumat (22/7)
Foto: abcnews.go.com
Pelaku penembakan di restoran McDonald dekat mal Olympia-Einkaufszentrum, Muenchen, Jerman, pada Jumat (22/7)

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Pelaku penembakan di restoran McDonald dekat mal Olympia-Einkaufszentrum, Muenchen, sempat meneriakan 'saya orang Jerman' kepada salah seorang yang berada di sebuah balkon tak jauh dari lokasi penembakan, Jumat (22/7) waktu setempat.

Seperti dilansir Sky News, hal itu itu terekam dalam sebuah video yang diposting di jejaring sosial Twitter. Terlihat dalam tayangan itu seorang pria menenteng senjata berteriak pada beberapa orang yang mengambil gambarnya dari balkon.

"Saya besar di sini di kawasan Hartz 4," teriak pelaku kembali dalam adu mulut dengan mereka yang ada di balkon tersebut. Tak lama setelahnya, pelaku melepaskan tembakan.

Menurut informasi terbaru, pelaku penembakan merupakan pemuda berusia 18 tahun keturunan Jerman dan Iran. Usai menewaskan sembilan orang dan melukai sekitar 10 orang lain, ia dilaporkan menembak dirinya sendiri. Jasad pelaku ditemukan sekitar satu kilometer (km) dari distrik Moosach, lokasi Olympia.

Kepolisian setempat sempat menyebut penembakan ini sebagai aksi terorisme. Namun hingga kini belum ada indikasi tragedi ini terkait dengan kelompok teroris manapun.

Muncul juga dugaan jika penembakan brutal tersebut dilakukan oleh seseorang dari kelompok sayap kanan. Sebab, serangan ini terjadi tepat pada hari peringatan pembunuhan massal oleh Anders Behring Breivik di Norwegia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement