Selasa 24 Jan 2017 02:27 WIB

Siarkan Pemerkosaan di Facebook, Pemuda Swedia Tertangkap

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ilham
Ilustrasi pemerkosaan
Foto: www.jeruknipis.com
Ilustrasi pemerkosaan

REPUBLIKA.CO.ID, UPPSALA -- Tiga orang tertangkap sedang memperkosa wanita di Uppsala, Swedia. Peritiwa itu terbongkar sebab mereka menyiarkan melalui Facebook.

Keterangan polisi mejelaskan jika tiga pria tertangkap memperkosa seorang wanita pada Ahad (23/1) di kota yang jaraknya satu jam dari Stockholm. Kejadian itu terungkap ketika mereka dengan sengaja menayangkan peristiwa kurang ajar itu secara langsung melalui Facebook Live.

"Perkosaan ini disiarkan langsung dalam kelompok Facebook," kata polisi dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Selasa (24/1).

Beberapa anggota grup yang tergabung menyaksikan peritiwa itu, kemudian mereka melaporkan peristiwa tersebut. Polisi pun dengan sigap menyerbu sebuah apartemen di tengah kota Uppsala dan menahan ketiga pemuda tersebut. Mereka diperkirakan berusia 25 tahun dan 19 tahun.

Media lokal melaporkan jika video tersebut telah dihapus dan polisi meminta bagi siapa saja yang memiliki salinan film untuk menyerahkannya. Facebook pun secara resmi menyatakan akan menghapus konten, menonaktifkan akun, dan bekerja sama dengan penegak hukum ketika ada risiko bahaya fisik dan ancaman terhadap masyarakat.

Sebaran konten tersebut semakin mencuat seputar masalah etika dan kebijakan yang mesti dihadapi Facebook Live. Konten baru tersebut memungkinkan siapa pun dapat menyiarkan video secara langsung dari perangkat pintar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement