Rabu , 13 September 2017, 01:27 WIB

54 Kucing di Museum Hemingway Selamat dari Badai Irma

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
VOA
CCTV berhasil merekam detik-detik badai irma yang menghantam Florida, AS
CCTV berhasil merekam detik-detik badai irma yang menghantam Florida, AS

REPUBLIKA.CO.ID, KEY WEST -- Badai Irma telah menyebabkan kerusakan signifikan di sebagian besar area Florida Keys, Amerika Serikat. Namun, sebuah tempat bersejarah yakni Museum Ernest Hemingway di Key West, Florida Keys, secara ajaib selamat dari badai.

Kediaman asli penulis AS Ernest Hemingway yang kini difungsikan menjadi museum itu sekaligus menjadi rumah bagi 54 ekor kucing. Para binatang dan 10 staf museum yang ada terlindung dalam rumah kolonial Spanyol berdinding batu kapur setebal 18 inchi tersebut.

"Kami sangat menyayangi para kucing di sini, mereka juga menyayangi kami. Kami semua berkumpul bersama. Tempat ini juga sangat nyaman bagi seluruh karyawan," ujar kurator museum, David Gonzales pada Ahad malam.

Ia menduga, konstruksi bangunan rumah yang sedemikian rupa melindungi para penghuninya sehingga tidak terdampak badai. Rumah Hemingway terletak sekitar 16 kaki atau 4,877 meter di atas permukaan laut, menjaga para staf dan kucing terhindar dari bahaya.

Dikutip dari laman Travel and Leisure, pada kondisi cuaca normal, kandang-kandang kucing ditempatkan di sekitar halaman museum. Beberapa diletakkan di bawah tanaman tropis atau di pinggir kolam renang.

Saat badai menjelang, Gonzales mengatakan bahwa para kucing berlarian ke dalam rumah seolah tahu ini saatnya berteduh. Menurutnya, terkadang para kucing melakukan hal-hal yang lebih pintar daripada manusia.

Sebagian besar kucing di museum tersebut adalah keturunan Snow White, kucing milik Hemingway yang diberi oleh seorang kapten kapal. Snow White memiliki enam kaki alias polydactyl, dan pihak museum kerap menganggap seluruh kucing juga memiliki gen tersebut.