Ahad , 24 September 2017, 03:45 WIB

Melania Pimpin Delegasi Bertemu Trudeau dan Pangeran Harry

Red: Ratna Puspita
EPA
Melania Trump.
Melania Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Melania Trump akan melakukan langkah terbesarnya sebagai ibu negara pada perjalanan solo pertamanya di luar Amerika Serikat. Dia memimpin delegasi Amerika Serikat ke Invictus Games yakni sebuah acara olahraga internasional untuk anggota militer yang terluka ketika menjalani tugas. 

Dalam agenda di Toronto pada Sabtu (23/9) waktu setempat, agenda pertama Melania yakni bertemu dengan Pangeran Harry Inggris, yang mendirikan Invictus Games pada 2014. Kemudian, dia akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. 

Dia juga akan memberikan sambutan untuk hampir 100 atlet Amerika yang berpartisipasi dalam ajang olahraga internasional yang dikemas seperti Olimpiade. Melania juga dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan.

Delegasi ini beranggitakan Sekretaris Urusan Veteran David Shulkin, pegolf profesional Nancy Lopez dan Wayne Newton. Juru Bicara Melanie Stephanie Grisham mengatakan keputusan Melania  memimpin delegasi Amerika ini untuk mencerminkan rasa hormat ibu negara atas kerja keras, keberanian dan pengorbanan militer AS.

"Dia merasa sangat bahwa mereka dan keluarga mereka harus dihormati setiap hari," kata Grisham dilansir dari Time, Ahad (24/9) dini hari WIB. 

Grisham mengatakan Melanie juga memiliki kekaguman besar atas ajang olahraga yang memberdayakan veteran militer yang terluka saat bertugas.

Pada sebuah acara minggu lalu, yang menandai ulang tahun ke 70 Angkatan Udara AS, ibu negara mengucapkan terima kasih kepada anggota militer yang membantu ribuan orang yang menjadi korban badai baru-baru ini. Perempuan keturunan Slovenia yang menjadi warga negara AS pada 2006 ini juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga anggota militer.

"Anda bertahan tinggal berjauhan, harus memahami pekerjaan pasangan yang tiba-tibanya memaksanya pindah ketika ada tugas baru, dan menghadapi ketidakpastian,” kata dia di Joint Base Andrews di Maryland. “Gaya hidup seperti ini membutuhkan keberanian dan pengorbanan Anda tidak akan dilupakan.” 

Melania perlahan-lahan melakukan pemanasan atas peran barunya sembari menunggu untuk pindah ke Gedung Putih. Melania berencana pindah ke Gedung Putih ketika anak laki-lakinya, yang sekarang ini berusia 11 tahun, menyelesaikan sekolah di New York. 

Melania melakukan beberapa acara pribadi. Selain itu, tahun ini, dia sudah mendampingi presiden tersebut dalam tiga perjalanan luar negerinya sejauh tahun ini.

Pangeran Harry mendirikan Invictus Games pada 2014 untuk anggota militer yang sakit dan terluka dari seluruh dunia. Lebih dari 550 orang dari 17 negara diharapkan dapat berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga, mulai dari bersepeda hingga tenis kursi roda hingga duduk voli, yang digelar hingga pekan depan. 

London menjadi tempat untuk acara peresmian pada 2015, diikuti oleh Orlando, AS, tahun lalu. Partisipasi Melanie melanjutkan keterlibatan Gedung Putih dengan ajang olahraga, yang diluncurkan selama masa jabatan Presiden Barack Obama. 

Jill Biden, istri Wakil Presiden Joe Biden, memimpin delegasi AS ke London sebagai bagian dari sebuah inisiatif militer sedangkan Michelle Obama membuka turnamen tahun lalu di Orlando.