Senin 25 Sep 2017 09:04 WIB

AS Masukkan Korut ke Daftar Larangan Perjalanannya

Rep: Kamran Dikamra/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Korut/ilustrasi
Foto: mega-flags.com
Bendera Korut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON Pemerintah Amerika Serikat (AS) telahmemperluas kebijakan larangan perjalanannya yang kontroversial. Setelah sebelumnya melarang warga dari lima negara mayoritas Muslim memasuki negaranya,kini AS menerapkan hal serupa untuk warga dari Korea Utara (Korut), Venezuela,dan Chad.

Dalam sebuah pengumuma pada Ahad (24/9), Presiden AS DonaldTrump menyatakan bahwa keamanan nasional AS telah menjadi prioritasnya. MembuatAmerika aman adalah prioritas nomor satu saya. Kita tidak akan mengakuiorang-orang di negara ini yang tidak bisa kita periksa secara aman, katanyaseperti dilaporkan laman BBC, Senin (25/9).

Di antara tiga negara yang baru saja masuk dalam daftarlarangan perjalanan AS, Korut menjadi sorotan utama. Seperti diketahui, AS dan Korut sedang terlibat perang urat syaraf setelah pemimpin kedua negara terlibataksi saling kecam dan ancam.

Gedung Putih mengatakan masuknya Korut ke dalam daftarlarangan perjalanan AS karena negara pimpinan Kim Jong-un tersebut tak menunjukkan adanya iktikad kerja sama yang baik dengan AS dalam hal apa pun.Korut juga dianggap gagal memenuhi semua persyaratan untuk masuk.

Alasan ini juga dipakai untuk memasukkan Venezuela ke dalamdaftar larangan perjalanan AS. Venezuela, yang belum lama ini dijatuhkan sanksi ekonomi oleh AS, dianggap tak memperlihatkan kerja sama yang baik dalam hal keamanan.

(Venezuela) Tidak bekerja sama dalam memverifikasi apakahwarganya menimbulkan ancaman keamanan nasional atau ancaman keamanan publik dan tidak menerima warga negara yang dideportasi secara sukarela, kata GedungPutih.

Sedangkan Chad, mitra kontraterorisme (AS) yang pentingtidak memiliki informasi publik terkait terorisme dan informasi publik lainnyayang diminta AS, ungkap Gedung Putih menjelaskan mengapa Chad juga masuk dalamdaftar larangan perjalanan AS.

Gedung Putih pun mengatakan bahwa sementara ini Irak jugadianggap tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan AS. Sebelumnya Irak masuk dalam daftar larangan perjalanan AS. Namun belakangan Irak diberi pengecualian karena hubungan kerja samanya dengan AS dalam menumpas milisi ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement