Kamis 28 Sep 2017 12:10 WIB

Malaysia Larang Warganya Pergi ke Korut

Rep: Fira Nursya'bani/Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Korea Utara
Foto: Corbis
Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia melarang semua warganya bepergian ke Korea Utara sampai pemberitahuan lebih lanjut. Larangan itu dikeluarkan menyusul meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea sebagai akibat kegiatan pengembangan peluru kendali dan nuklir Pyongyang.

Malaysia adalah salah satu dari segelintir negara yang masih memiliki hubungan diplomatik persahabatan dengan Korea Utara, namun hubungan keduanya sedikit memanas pada awal tahun ini setelah terjadinya pembunuhan saudara tiri Kim Jong-un di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

"Larangan perjalanan akan ditinjau lagi setelah keadaan kembali berlangsung normal," kata kementerian Luar Negeri Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Tim sepak bola Malaysia dijadwalkan akan menghadapi Korea Utara dalam sebuah kejuaraan Piala Asia di Pyongyang pada 5 Oktober mendatang, sebuah pertandingan yang telah tertunda dua kali penyelenggaraannya karena adanya kekhawatiran terhadap keadaan keamanan.

Belum jelas apakah tim sepak bola tersebut akan diizinkan melakukan perjalanan ke Pyongyang, meskipun larangan tersebut telah diberlakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement