Senin 06 Mar 2017 13:01 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapal Feri Tenggelam dalam 90 Detik, 193 Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Kapal Herald of Free Enterprise terbalik dan tenggelam di Belgia pada 1987.
Foto: The Independent
Kapal Herald of Free Enterprise terbalik dan tenggelam di Belgia pada 1987.

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada hari ini tahun 1987, sebuah kapal feri tenggelam dan membuat ratusan orang terperangkap. Sebanyak 193 orang dikonfirmasi tewas dalam insiden yang terjadi dalam 90 detik itu.

Kapal Herald of Free Enterprise terbalik dan tenggelam dalam situasi cuaca dan air yang tenang. Bahkan kapal hanya terletak 91 meter dari daratan. Kapal bertolak dari pelabuhan Zeebrugge, Belgia dan ditumpangi oleh sekitar 650 orang.
Tidak jelas apa yang membuat kapal terbalik. Menurut korban selamat, kapal tiba-tiba terbalik hanya dalam beberapa detik. Air kemudian mulai memenuhi kapal hingga akhirnya tenggelam.
Tidak ada waktu untuk mengirim sinyal SOS. Satu-satunya cara selamat adalah memecahkan kaca dan berenang keluar sebelum terperangkap. Sekitar 400 orang diterjunkan dalam operasi penyelamatan. 
Menurut penyelidikan, kapal feri meninggalkan pelabuhan dengan pintu yang masih terbuka. Air kemudian masuk ke dek tempat menyimpan kargo dan mobil. Penyelidikan formal menuduh perusahaan kapal gagal memberikan instruksi tentang keselamatan.
Selanjutnya: Seniman Kenamaan Italia Michelangelo Lahir

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement